Pembelaan Terhadap Imam Jarh Wa Ta'dil

👍✅🌐PEMBELAAN TERHADAP IMAM JARH WA TA'DIL (KRITIKAN DAN PUJIAN)

✍Nasihat kepada siapa yang tidak menyukai penyebutan ulama tentang jarh wa ta'dil (kritikan dan pujian terhadap sekte, seseorang, kitab dan seterusnya) sehingga manusia lari darinya.

🔰Asy-Syaikh Al-Allaamah Muhammad bin Hadi hafizhahullah ditanya:

⚠️Pertanyaan :
⁉️Penanya ini bertanya: disana ada sebagian ikhwah disaat menasehati sebagian tholabul ilmi yang baru tidak mau menyebutkan ULAMA KIBAR yang dikenal dengan ilmu jarh, dan hanya mau menyebutkan ulama kibar yang tidak ada perselisihan tentangnya, dan mengatakan jika saya sebutkan semisal Asy-Syaikh Rabi' Al-Madkhali dan selainnya dari ulama kibar bisa jadi mahasiswa baru tersebut lari darinya?

✅Jawab:
✏️Asy- Syaikh Rabi' termasuk KIBARUL ULAMA, ulama sunnah, beliau bukanlah seorang yang patut dicela sehingga menjadi malu untuk menyebutnya, dan bukan pula orang jelek sehingga disembunyikan untuk menyebutnya -wafaqahullah (semoga Allah memberi taufiq pada dia yang malu untuk menyebutkan nama Syaikh Rabi-pent)- dan Semoga Allah menutup kita dan beliau dan anda semuanya dengan semua kebaikan.

👍Asy-Syaikh Rabi' termasuk 'Alim sunnah di jaman ini, yang disaksikan oleh para ulama kibar yang 'alim, bukanlah hal tersebut dengan persaksian kita, bukan pula persaksian dari orang yang malu menyebutnya,

📛tidaklah malu untuk menyebutnya melainkan orang yang sakit atau orang yang menyimpang mayoritasnya,

🚫atau tidak malu melainkan orang yang melihat dirinya mampu berijtihad dan dia merasa dalam kebenaran dalam ijtihadnya, padahal sungguh ijtihadnya dia adalah salah pada perkara ini.

👉Asy-Syaikh Rabi' termasuk 'Alim yang orang-orang menyebutkan namanya di jaman ini sebagai 'Alim as-sunnah dan dengan bangga ketika menyebutkannya.

⚔Maka beliau -hafizhahullah- adalah seorang mujahid yang membela as-sunnah dan mempertahankannya seperti saudara-saudaranya ulama as-sunnah yang masih tersisa di jaman ini.

📢Dan setiap waktu dan tempat ulama as-sunnah tidaklah malu untuk menyebutkannya, ini (yang malu untuk menyebut beliau) adalah perkataan yang munkar, mengherankan sekali,

📝Kita memohon pada Allah 'Azza wa Jalla agar memberi rezeki faqih dalam agama pada kita dan anda, dan agar jauh dari 'ujub dan hawa nafsu.

📚Sumber: http://miraath.net/quesdownload.php?id=652
http://cutt.us/WRFgL

[دفاعاً عن إمام الجرح والتعديل]

📝 نصيحة لمن لا يحب ذكر علماء الجرح والتعديل حتى لا ينفر منه الناس .

▪سُئل الشَّـيخ العلّامــة مُحَمَّد بنُ هَادِي المَدْخَلِي -حَـفِظَهُ الله-:

❪📜❫ السُّــــ☟ـــؤَالُ:
• هذا يقول: هناك بعض الإخوة عند نصحهم لبعض الطلبة الجدد لا يذكر لهم العلماء الكبار العارفين بالجرح، فيذكر بعض العلماء الكبار الذين لا خلاف فيهم، ويقول إذا ذكرت مثل الشيخ ربيع المدخلي وغيره من كبار العُلماء، قد ينفر منهُ هؤلاء الطلاب؟

❪📜❫ الجَـــ☟ـــوَابُ:
”الشيخ ربيع من كبار العُلماء، عُلماء السُنة، ما هو سُبة يُستحيا من ذكرهِ، وليس هو بسوء حتى يُتخفى من ذكره -وفقه الله- وختم لنا ولهُ ولكم جميعًا بكل خير،

○ الشيخ رييع من أعلام السنة في هذا الزمان، بشهادة العلماء الكبار الأعلام، ما هو بشهادتنا نحنُ، فليس هو ممن يستحيَّ من ذكرهِ، ولا يستحيّ من ذكرهِ إلا مريض مُنحرِف غالبًا أو من يرى نفسهُ في اجتهادهِ مُصيبًا وقد أخطأَ في الاجتهاد هذا،

○ الشيخ ربيع من الأعلام الذين يذكرون في هذا الزمن، أعلام السُنة ويُفاخَر بذكرهِم، فهو -حفظهُ الله- مُجاهدٌ في الدفاع عن السُنة والذبّ عنها كبقية إخوانه علماء السُنة في هذا العصر، وفي كل زمانٍ ومكان فعلماء السُنة لا يُستحيَّ من ذكرهِم، هذا كلام مُنكر عجيب جدًا نسأل الله -عزَّ وجلّ- أن يرزقنا وإياكم الفقه في الدين، والبعد عن العُجب والهوى“.
ــــ
🔊رابـط الصوتيــة :
http://miraath.net/quesdownload.php?id=652
http://cutt.us/WRFgL

〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰
Wallahu ta'ala a'lam bish-showab
📈Disajikan oleh Goresan Makkah

🎯Join channel: http://bit.ly/makkahindonesia
Pada 11.07.2016

Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Poskan Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Komentar dilarang mengandung link Website/Medsos/Email dan berbagai bentuk KONTAK PRIBADI
- Setiap komentar akan diMODERASI dan atas pertimbangan tertentu, kami berhak untuk tidak menampilkan komentar yang dikirim