Orang Yang Meneladani Al-Imam Ahmad, Dicap Sebagai Orang Yang Sok Bergaya Seperti Beliau

ORANG YANG MENELADANI AL-IMAM AHMAD, DICAP SEBAGAI ORANG YANG SOK BERGAYA SEPERTI BELIAU

Asy-Syaikh Muhammad bin Hady hafizhahullah

Seseorang ada yang bertanya kepada Al-Imam Ahmad –dan saya akan memaparkan masalahnya– seperti yang diriwayatkan oleh anak beliau yaitu Shalih bin Ahmad pada bab hukum memunculkan perkataan baru pada sebuah masalah jika para shahabat berbeda pendapat, yaitu di jilid 2 hal. 166: Shalih rahimahullah berkata: “Seseorang menulis surat kepada ayahku menanyakan tentang hukum berdebat dengan ahli kalam…” Ini yang pertama, yang kedua adalah “Hukum duduk bermajelis dengan mereka…” Yaitu duduk dan berdebat dengan orang-orang yang suka berdebat. “Maka ayahku mendiktekan jawabannya kepada…” Maksudnya beliau berkata kepada Shalih: “Tulislah jawabannya kepadanya!” Ahmad mendiktekan dan Shalih, alangkah bagusnya. Keselamatan insya Allah dengan menempuh jalan beliau berdua ini serta siapa saja dari ulama salaf yang seperti keduanya dan para pewaris ilmu shahabat Rasulullah shallallahu ‘alaihi was sallam.

Maka beliau menulis surat dengan mengatakan: “Semoga Allah memberimu kesudahan yang baik…” Lihatlah, beliau mendoakan untuk penanya agar mendapatkan kesudahan yang baik, yaitu meninggal dalam keadaan yang baik dan penutup yang indah. Beliau berkata:

ﺃﺣﺴﻦ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﺎﻗﺒﺘﻚ ﻭﺩﻓﻊ ﻋﻨﻚ ﻛﻞّ ﻣﻜﺮﻭﻩ ﻭﻣﺤﺬﻭﺭ، ﺍﻟﺬﻱ ﻛُﻨّﺎ ﻧﺴﻤﻊ ﻭﺃﺩﺭﻛﻨﺎ ﻋﻠﻴﻪ ﻣﻦ ﺃﺩﺭﻛﻨﺎ ﻣﻦ ﺃﻫﻞ ﺍﻟﻌﻠﻢ ﺃﻧﻬﻢ ﻛﺎﻧﻮﺍ ﻳﻜﺮﻫﻮﻥ ﺍﻟﻜﻼﻡ ﻭﺍﻟﺨﻮﺽ ﻣﻊ ﺃﻫﻞ ﺍﻟﺰﻳﻎ.

“Semoga Allah memberimu kesudahan yang baik dan menghilangkan semua keburukan dan bahaya dari dirimu. Yang kami dengar dan yang kami jumpai dari para ulama adalah mereka membenci untuk berbicara dan berdebat dengan orang-orang yang menyimpang.”

Siapakah yang mengatakan ucapan ini?! Ahmad, dan di masa Ahmad terdapat seribu imam yang mereka mengikuti beliau, menolongnya dan mendukungnya.ADAPUN DI MASA INI TERDAPAT SERIBU PENDUSTA, BELUM LAGI SERIBU ORANG PENGGEMBOS YANG MENGKLAIM DI ATAS AS-SUNNAH NAMUN SUKA MENGGEMBOSI AHLUS SUNNAH. Kira-kira apa yang akan menimpa kita di zaman ini?! Jadi kita lebih butuh untuk mengambil nasehat beliau ini.

Jika dahulu di masa Ahmad seandainya engkau menginginkan seribu imam untuk membela Ahmad niscaya engkau akan mendapatinya. Adapun di zaman kita ini yang ada adalah seribu orang yang suka merendahkan dan menggembosi orang yang ingin menempuh jalan Ahmad. Bahkan sangat disayangkan juga dengan mencela siapa saja yang menempuh cara Ahmad dan menggambarkan dengan buruk bahwa orang yang meneladani beliau adalah orang yang suka meniru-niru atau sok bergaya seperti Ahmad. Lihatlah Ahmad, beliau berwasiat kepada penanya. Tetapi menurut hizbiyyun orang mengambil wasiat Ahmad adalah orang yang sok bergaya seperti Ahmad, bukan dinilai sebagai orang yang mengikuti fatwa beliau.

Saya tanya kalian tolong dijawab, “Dia mengikuti fatwa Ahmad ataukah orang yang sok bergaya seperti Ahmad?!”

Katakan hal ini kepada Doktor Ibrahim Ar-Ruhaily dan orang-orang yang semodel dengannya!

***

Ditranskrip oleh: Abu Usamah Abdurrahman

23 Syawwal 1433 H

Sumber artikel: http://www.sahab.net/forums/index.php?showtopic=132060

Sumber http://forumsalafy.net/orang-yang-meneladani-imam-ahmad-di-cap-sebagai-orang-yang-sok-bergaya-beliau/
[ 13.07.2016 ]


Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Poskan Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Komentar dilarang mengandung link Website/Medsos/Email dan berbagai bentuk KONTAK PRIBADI
- Setiap komentar akan diMODERASI dan atas pertimbangan tertentu, kami berhak untuk tidak menampilkan komentar yang dikirim