Hukum Mandi Untuk Shalat 'id

*HUKUM MANDI UNTUK SHALAT 'ID*

_Syaikh Muhammad bin Shalih al-'Utsaimin rahimahullah_

*Pertanyaan*
Barakallahu fiikum. Apakah disyariatkan untuk shalat 'Id mandi seperti hari Jumat, Syaikh?

*Jawaban*
Saya tidak mengetahui dalam hal itu sunnahnya mandi untuk shalat 'Id dari Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam, akan tetapi diriwayatkan dari sebagian salaf tentang adanya mandi ketika shalat 'Id dan mayoritas ahli fiqih berpegang dengannya sehingga mereka berpendapat tentang disunnahkannnya mandi untuk shalat 'Id dikarenakan shalat 'Id adalah perkumpulan tahunan, sehingga disyariatkan padanya mandi seperti hari Jumat.

Dengan demikian jika seseorang mandi, maka itu perbuatan yang bagus, namun jika dia tidak mandi, tidaklah dikatakan dia luput dari sunnah.

http://www.sahab.net/forums/index.php?showtopic=113594

📁http://bit.ly/Al-Ukhuwwaj
Pada 04.07.2016

السؤال: بارك الله فيكم هل يشرع للعيد غسل كالجمعة فضيلة الشيخ؟

الجواب : لا أعلم في ذلك سنة عن رسول الله صلى الله عليه وآله وسلم أنه كان يغتسل لصلاة العيد ولكن ذكر عن بعض السلف أنه كان يغتسل عند صلاة العيد وأخذ بذلك كثير من أهل الفقه وقالوا أنه يسن أن يغتسل لصلاة العيد لأنها صلاة اجتماع عام فشرع فيها الإغتسال كيوم الجمعة فإن اغتسل الإنسان فحسن وإن لم يغتسل فلا يقال أنه فوت سنة.


Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Poskan Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Komentar dilarang mengandung link Website/Medsos/Email dan berbagai bentuk KONTAK PRIBADI
- Setiap komentar akan diMODERASI dan atas pertimbangan tertentu, kami berhak untuk tidak menampilkan komentar yang dikirim