Berapakah Batasan Minimal Air untuk Berwudhu

Tanya:
Apakah bak mandi dengan tinggi 70 cm, lebar 50 cm bisa memenuhi syarat keabsahan berwudhu menurut sunnah rasul shallallahu 'alaihi wasallam? Dengan catatan air tersebut mengalir terus dengan air PAM.

Jawab:
Oleh Al Ustadz Abu Abdillah Luqman Ba'abduh hafizhahullah

Tidak cukup, harusnya 7 meter, ininya 5 meter kesana dan mengalir kaya waduk Gajah Mungkur atau gajah apa itu, na'am.

لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُولِ اللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ
"Sungguh telah ada teladan yang baik bagi kalian pada diri rasul shallallahu 'alaihi wasallam" (QS Al-Ahzab: 21)

Termasuk teladan yang baik pada diri nabi shallallahu 'alaihi wasallam adalah tata cara bersucinya. Diriwayatkan oleh al imam Bukhari dan al imam Muslim rahimahumullah dari hadits Anas bin Malik radhiyallahu 'anhu:

كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَتَوَضَّأُ بِالْمُدِّ، وَيَغْتَسِلُ بِالصَّاعِ، إِلَى خَمْسَةِ أَمْدَادٍ
"Dahulu rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam kalau mandi dari junub (mandi janabah), itu debit air yang dipakai (volume air yang dipakai), itu satu sha'"

Satu sha' itu empat ini (1 tangkup dua telapak tangan, -red) satu, dua, tiga, empat, empat mud namanya. Ya mungkin orang yang agak besar dari kita, orang yang paling besar diantara kita, itu yang jadi ukuran sekarang. Karena kita di masa ini beda ukuran fisiknya dengan orang di masa dahulu. Orang yang terbesar di masa kita itulah yang bisa jadi ukuran sekarang. Ya kalau seukuran saya, mungkin bisa tujuh ini katakan, tujuh atau delapan. Kira-kira cukup tidak mandi bagi kita? Kalau mandi, satu sha' sampai lima. Satu sha' ditambah satu genggam ini. Satu sha' isinya empat (apa namanya tadi Indonesia ini? Empat apa? Empat cawan?). Dan kalau berwudhu, wudhunya rasul satu mud, satu ini. Siapa yang bisa berwudhu airnya segini, ini kurang lebih dua mud atau tiga. Ada yang bisa berwudhu dengan segini? Sudah luar biasa, tiga kalinya rasul atau dua kalinya. Ini kira-kira berapa cm x berapa cm ini?

Na'am, jadi para hadirin yang saya muliakan, apa yang disbutkan oleh sebagian pihak bahwa air yang sah untuk berwudhu apabila jumlah airnya itu melebihi sekian atau minimalnya sekian kali sekian dan harus mengalir, darimana? Apa dalilnya? Apakah kita lebih baik dari nabi? Atau nabi yang lebih baik dari kita? Tidak pakai atau sudah, jelas rasul adalah sebaik-baik teladan, sebaik-baik contoh. Maka kita sebagai umatnya meniru beliau. Bayangkan, sekarang ini sering sampai di beberapa masjid itu diberi air yang mengalir, iya? Supaya berwudhunya sah, subhanallah. Kenapa kita meninggalkan contoh nabi sementara kita sebagai umat nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam. Dan kalau kita mengaku cinta kepada nabi, ikutilah tata cara beliau beribadah.

www.thalabilmusyari.web.id

Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Poskan Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Komentar dilarang mengandung link Website/Medsos/Email dan berbagai bentuk KONTAK PRIBADI
- Setiap komentar akan diMODERASI dan atas pertimbangan tertentu, kami berhak untuk tidak menampilkan komentar yang dikirim