Manusia Yang Paling Keras Adzabnya Pada Hari Kiamat Adalah Para Tukang Gambar

MANUSIA YANG PALING KERAS ADZABNYA PADA HARI KIAMAT ADALAH PARA TUKANG GAMBAR
بسم الله الرحمن الرحيم
الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وصحبه ومن اتبع هداه. أما بعد:
✊❌ Di antara keharaman dan kemungkaran yang terbesar ialah tenggelamnya koran-koran, majalah-majalah, dan berbagai televisi dalam menyajikan (menampilkan) gambar-gambar. Terlebih gambar-gambar para wanita yang tidak tahu malu dan berbau pornografi.
 Padahal telah shahih dari Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam akan adanya sejumlah hadits yang shahih yang berisikan ancaman yang keras terhadap para pembuat gambar ini, yang para pembuatnya dianggap sebagai orang-orang yang menandingi ciptaan Allah. Kelak, pada hari kiamat akan dikatakan kepada mereka,
أحيوا ما خلقتم
"Hidupkanlah apa yang sudah kalian ciptakan!" 
 Maka para tukang gambar ini akan dituntut untuk menghidupkan ribuan gambar manusia, padahal baik di dunia maupun di akhirat, sungguh mereka tidak berdaya meskipun hanya untuk menciptakan sebiji jagung maupun sebiji gandum.
 Pada tulisan ini, saya telah meletakkan sejumlah hadits dari Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam yang di dalamnya terkandung ancaman yang keras terhadap para tukang gambar yang berobjekkan manusia dan makhluk-makhluk bernyawa. Diantaranya adalah:
1. Hadits-hadits dari 'Aisyah radhiyallahu 'anha:
 .. Berkata al-Imam Al-Bukhari di dalam "Shahih"nya di dalam bab Ma Wuthia minat Tashawir no. 5954: Telah bercerita kepada kami 'Ali bin 'Abdillah, dia berkata, "Telah bercerita kepada kami Sufyan", dia berkata: Saya mendengar 'Abdurrahman bin al-Qasim _dan ketika itu tidak ada seorangpun di Madinah yang lebih utama dari beliau_, dia berkata: Saya mendengar ayahku berkata: Saya mendengar 'Aisyah radhiyallahu 'anha bercerita: Rasulullah shallallahu 'alaihi was salam tiba dari safar sementara aku telah memasang qiram (1) bergambar sesuai keinginanku. Ketika Rasulullah shallallahu 'alaihi was salam melihat qiram bergambar tersebut, beliau pun mengoyaknya. Beliau bersabda:
«أشد الناس عذابا يوم القيامة الذين يضاهون بخلق الله»
"Manusia yang paling keras siksanya pada hari kiamat adalah orang-orang yang menandingi (menyerupakan) ciptakan Allah."
 Saya (Aisyah) berkata: Lantas kami membuatnya menjadi sebuah bantal atau dua buah bantal (2).
 Al-Imam Muslim meriwayatkan hadits tersebut dalam al-Libas waz Zinah bab "Tahrimu tashwiril hayawani wa annal malaikah la tadkhulu baitan fihi kalbun wa la shuratun" no. 2107
al-Imam Ahmad meriwayatkannya dalam "Musnad" nya no. 24081, al-Imam al-Humaidi dalam "Musnad" nya no. 251, dan al-Imam an-Nasa'i dalam "al-Mujtaba" no. 5356. Juga hadits no. 5955: Telah bercerita kepada kami Musaddad, ia berkata: Telah bercerita kepada kami 'Abdullah bin Dawud, dari Hisyam dari ayahnya dari Aisyah bahwa beliau berkata: "Nabi shallallahu 'alaihi was sallam datang dari sebuah perjalanan (safar) sementara aku telah mengaitkan qiram yang bergambar, lantas beliau memerintahkanku untuk segera melepaskannya, maka aku pun segera melepaskannya."
✋ al-Imam al-Bukhari berkata di dalam Bab Naqdhish Shuwar no. 5952:
Telah bercerita kepada kami Mu'adz bin Fadhalah, ia berkata: Telah bercerita kepada kami Hisyam dari Yahya dari 'Imran bin Hathab bahwa 'Aisyah radhiyallahu 'anha bercerita kepadanya: Bahwasanya Nabi shallallahu 'alaihi was salam bersabda:
"Tidak ada sesuatu bergambar pun yang dia tinggalkan di dalam rumahnya melainkan sudah dilepaskannya."
 Al-Imam ath-Thabarani juga telah meriwayatkannya di dalam al-Ausath (3/56) no. 2457. Beliau (Al-Bukhari) juga berkata pada no. 2105:
Telah bercerita kepada kami 'Abdullah bin Yusuf, ia berkata: Telah mengabarkan kepada kami Malik dari Nafi' dari al-Qasim bin Muhammad dari 'Aisyah Ummul Mukminin radhiyallahu 'anha: Beliau (Aisyah) mengabarkan kepadanya bahwa ia telah membeli sebuah namruqah yang bergambar padanya. Ketika Rasulullah shallallahu 'alaihi was salam melihatnya, maka beliau hanya berdiri di pintu dan tidak mau masuk ke rumah. Aku pun mengerti ketidaksukaan beliau di wajahnya. Aku berkata:
"Wahai Rasulullah, aku bertaubat kepada Allah dan kepada Rasul-Nya, dosa apakah yang telah kuperbuat?"
Rasulullah shallallahu 'alaihi was salam bersabda: "Gerangan apa namruqah *(3)* (yang bergambar) ini?" Aku berkata: "Aku membelinya untukmu, agar engkau dapat duduk dan berbantal dengannya."
 Rasulullah shallallahu 'alaihi was salam bersabda:
«إِنَّ أَصْحَابَ هَذِهِ الصُّوَرِ يَوْمَ القِيَامَةِ يعذبون، فيقال لهم أحيوا مَا خلقتم»
"Sungguh para pembuat gambar-gambar ini kelak akan diadzab pada hari Kiamat. Dikatakan kepada mereka, "Hidupkanlah apa yang sudah kalian ciptakan."
 Dan beliau bersabda:
«إن البيت الذي فيه الصور لا تدخله الملائكة»
"Sungguh rumah yang di dalamnya terdapat gambar, maka malaikat (rahmat) tidak akan masuk ke dalamnya."
 Dan al-Imam Muslim meriwayatkan hadits ini dalam "al-Libas waz Zinah" bab Tahrimu Tashwiri Shuratil Hayawan,,, no. 2107 dan no. 2106.
Catatan Kaki
-----------------
1. Apabila karena gambar yang ada pada qiram (tirai tipis), pembuat (pelaku) nya berhak menjadi manusia yang paling keras siksanya pada hari kiamat, lantas bagaimana kiranya dengan koran-koran dan majallah-majallah? Bagaimana kiranya dengan televisi-televisi yang berisikan gambar-gambar bergerak?!
2. Kemudian beliau mengharamkan gambar-gambar yang terdapat pada bantal sebagaimana dalam hadits berikutnya.
3. Namruqah: bantal. Sarung-sarung bantal.
----------------------------------
2. Hadits Ibnu Mas'ud radhiyallahu 'anhu
Al-Imam al-Bukhari rahimahullah berkata di dalam "Shahih" nya dalam bab "Adzabul Mushawirin di Hari Kiamat (7/167) no. 5950: Telah bercerita kepada kami al-Humaidi, ia berkata: Telah bercerita kepada kami Sufyan, ia berkata: Telah bercerita kepada kami al-A'masy dari Muslim, ia berkata: "Dahulu ketika kami bersama Masruk di rumah Yasar bin Numair, beliau melihat di dalam rak rumahnya terdapat gambar-gambar. Maka beliau berkata: Saya mendengar 'Abdullah, bahwa beliau berkata: Saya mendengar Nabi shallallahu 'alaihi was salam bersabda:
«إن أشد الناس عذابا عند الله يوم القيامة المصورون».
"Sungguh manusia yang paling keras adzabnya di Hari Kiamat ialah para tukang gambar." 
Al-Imam Muslim meriwayatkan hadits ini dalam "Al-Libas waz Zinah" bab "Tahrimu Tashwiri Shuratil Hayawan" no. 2109, al-Imam Ahmad meriwayatkannya dengan no. 3558, dan al-Imam al-Humaidi dengan no. 117.
3. Hadits 'Abdullah bin 'Umar radhiyallahu 'anhu
 Al-Imam al-Bukhari juga berkata di dalam hadits no. 5951: Telah bercerita kepada kami Ibrahim bin al-Mundzir, ia berkata: Telah bercerita kepada kami Anas bin 'Iyadh dari Abdullah dari Nafi' bahwa 'Abdullah bin 'Umar radhiyallahu 'anhuma telah mengabarkan kepadanya: Bahwasanya Rasulullah shallallahu 'alaihi was salam bersabda:
«إن الذين يصنعون هذه الصور يعذبون يوم القيامة، يقال لهم: أحيوا ما خلقتم»
_"Sesungguhnya orang-orang yang membuat gambar-gambar ini akan diadzab pada hari Kiamat. Dikatakan kepada mereka: Hidupkanlah apa yang sudah kalian ciptakan!"_
 Dan al-Imam Muslim meriwayatkan hadits ini di dalam "Al-Libas waz Zinah" bab "Tahrimu Tashwiri Shuratil Hayawan" no. 2108. Al-Imam an-Nasa'i meriwayatkannya di dalam "Al-Kubra" (9786) dan Ibnu Abi Syaibah (8/483), dan al-Bazzar di dalam "Musnad" nya (12/43).
4. Hadits Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu:
 Al-Imam al-Bukhari juga berkata pada hadits no. 5953: Telah bercerita kepada kami Musa, ia berkata: Telah bercerita kepada kami 'Abdul Wahid, ia berkata: Telah bercerita kepada kami 'Umarah, ia berkata: Telah bercerita kepada kami Abu Zur'ah, ia berkata: Saya masuk bersama Abu Hurairah ke dalam sebuah rumah di Madinah, lalu beliau melihat tukang gambar sedang menggambar puncaknya. Beliau berkata: Saya mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi was salam bersabda:
ومن أظلم ممن ذهب يخلق كخلقي، فليخلقوا حبة، وليخلقوا ذرة»
"Dan siapakah yang lebih zhalim dari pada orang-orang yang pergi mencipta seperti ciptaan-Ku. Lalu mengapa tidak mereka menciptakan sebulir biji dan menciptakan semut kecil (bila mereka mampu)."
 Kemudian beliau (Abu Hurairah) meminta untuk diambilkan bejana berisikan air. Kemudian beliau mencuci tangannya hingga sampai ketiak. Saya bertanya: Wahai Abu Hurairah, apakah sesuatu ini (membasuh tangan sampai ketiak) engkau mendengarnya dari Rasulullah shallallahu 'alaihi was salam?" Beliau menjawab: "Akhir dari perhiasan." 
Al-Imam Ahmad meriwayatkannya dengan no. 7166 dan al-Imam Abu Ya'la (10/473).
Dan al-Imam Muslim dalam "Al-LIbas waz Zinah" bab "Tahrimu Tashwiri Shuratil Hayawani" no. 2111, beliau berkata:
Telah bercerita kepada kami Abu Bakar bin Abi Syaibah, Muhammad bin 'Abdillah bin Numair, dan Abu Kuraib, dan lafadz-lafadz hadits mereka saling berdekatan. Mereka berkata: Telah bercerita kepada kami Ibnu Fudhail dari 'Umarah dari Abu Zur'ah, ia berkata: Saya bersama Abu Hurairah masuk ke rumah Marwan, lalu beliau melihat gambar-gambar di dalamnya. Beliau berkata: Saya mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi was salam bersabda: Allah 'Azza wa Jalla berfirman:
«ومن أظلم ممن ذهب يخلق خلقا كخلقي ؟ فليخلقوا ذرة ، أو ليخلقوا حبة ، أو ليخلقوا شعيرة»
"Dan siapakah yang lebih zhalim dari pada orang-orang yang pergi mencipta seperti ciptaan-Ku? Mengapa tidak mereka menciptakan semut kecil, menciptakan sebutir biji, atau menciptakan sebulir gandum (bila mereka mampu)."
 Al-Imam Ibnu Abi Syaibah meriwayatkan hadits ini pada (5/200).
⏩ 5. Hadits Ibnu 'Abbas radhiyallahu 'anhu:
 Berkata al-Imam al-Bukhari di dalam Bab "Man Shawwara Shuratan Kullifa Yaumal Kiyamah An Yanfukha fihar Ruh wa Laisa bi Nafikhin" no. 5963: Telah bercerita kepada kami 'Ayyasy bin al-Walid, ia berkata: Telah bercerita kepada kami 'Abdul A'la, ia berkata: Telah bercerita kepada kami Sa'id, ia berkata Saya mendengar an-Nadhr bin Anas bin Malik bercerita kepada Qatadah. Ia (An-Nadhr) berkata: _"Adalah saya berada di sisi Ibnu 'Abbas sementara orang-orang tengah bertanya kepada beliau_, dan beliau tidaklah menyebut Nabi shallallahu 'alaihi was salam hingga beliau ditanya. Maka beliau berkata: Saya mendengar Muhammad shallallahu 'alaihi was salam bersabda:
«من صور صورة في الدنيا كلف يوم القيامة أن ينفخ فيها الروح، وليس بنافخ»
"Barang siapa membuat suatu gambar (bernyawa) di dunia, niscaya akan dibebankan kepadanya di hari Kiamat untuk meniupkan ruh ke dalam gambar tersebut sementara ia tidaklah mampu meniupkannya."
 Al-Imam Ahmad meriwayatkan hadits ini dengan no. 2162, Ibnu Abi Syaibah (5/200), an-Nasa'i (5360), dan ath-Thabarani (12/204).
✋ Lantas bagaimana kiranya dengan orang-orang yang membuat ribuan gambar!
⚪ WhatsApp Salafy Indonesia
⏩ Channel Telegram || http://bit.ly/ForumSalafy

Pada 29.05.2016
30.05.2016
31.05.2016
01.06.2016
02.06.2016
03.06.2016

Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Poskan Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Komentar dilarang mengandung link Website/Medsos/Email dan berbagai bentuk KONTAK PRIBADI
- Setiap komentar akan diMODERASI dan atas pertimbangan tertentu, kami berhak untuk tidak menampilkan komentar yang dikirim