Bid'ah yang Seseorang Dianggap Keluar Dari Ahlus Sunnah

〰🕳〰🕳〰🕳〰
⚠🔃💨 BID'AH.. YANG SESEORANG DIANGGAP KELUAR DARI AHLUS SUNNAH..

🔴 Bid'ah-bid'ah apa saja yang dengan itu seseorang dianggap keluar dari ruang lingkup ahlus sunnah wal jama'ah?

▪Jawab :
🔴💥 "Seperti bid'ah qadariyyah, bid'ah murji'ah, bid'ah syi'ah rafidhah, bid'ah khuruj (khawarij), dan bid'ah-bid'ah shufiyyah seperti maulid-maulid syirik dan yang lainnya, sengaja melakukan perjalanan ke kuburan, maka semua ini -barakallahu fikum- termasuk jenis tersebut (bid'ah yang mengeluarkan seseorang dari ahlus sunnah).

✔👉🏽 Berloyal dengan ahlul bid'ah menjadikan seseorang termasuk bagian dari mereka, dan menolong mereka, serta membela mereka. Karena Imam Ahmad bin Hanbal rahimahullah dikatakan kepada beliau : Sesungguhnya sebagian manusia bermajlis kepada ahlul bid'ah, berkata Imam Ahmad : Nasehati dia, berkata penanya : Aku telah menasehatinya tetapi dia menolak, berkata Imam Ahmad : Golongkan ia kepada mereka (ahlul bid'ah tersebut)."

🔄🌀 Maka orang yang bermajlis dengan ahlul bid'ah dan bergaul dengan mereka itu sebagai dalil atasnya bahwasanya dia berpenyakit, dan bahwasanya ia sepakat dengan mereka, dan dalam hal ini terdapat dalil-dalil, "Ruh-ruh itu bagai pasukan yang tersusun, apabila saling mengenal maka akan bersatu, apabila saling mengingkari maka akan berpisah." Dan orang tersebut berkumpul dengan ahlul bid'ah, ini menunjukkan bahwa disana ada kesepakatan dan kesamaan di antara dua perkara dan dua orang atau dua jama'ah.

☝🏽Apapun keadaannya, yang telah kami sebutkan di atas merupakan hal-hal yang bisa mengeluarkan seseorang dari ruang lingkup ahlus sunnah wal jama'ah."

📚 [Fatawa fil 'Aqidah wal Manhaj al Halaqatul Ula]
🔗 Sumber : Channel Asy-Syaikh Rabi' bin Hadi al-Madkhali.

〰🕳〰🕳〰🕳〰

ما هي البدع التي يعدُّ بها الرجل خارجا عن دائرة أهل السنّة والجماعة؟

الجواب؛
مثل بدعة القدر وبدعة الإرجاء وبدعة الرفض وبدعة الخروج والبدع الصوفية مثل الموالد الشركية وغيرها وشدّ الرحال إلى القبور والأشياء هذه بارك الله فيكم؛ من هذا النوع .

تولّي أهل البدع يُصيِّر الإنسان منهم ومناصرتهم والذبّ عنهم؛ فإنّ أحمد بن حنبل رحمه الله قيل له: إنّ بعض الناس يجلس إلى أهل البدع فقال: انصحه, قال: نصحته فأبى, قال: ألحقه بهم.

فالذي يجالس أهل البدع ويُعاشرهم يُستدلّ عليه أنّه مريض وأنّه يُوافق هؤلاء وهذا فيه أدلّة؛ "الأرواح جنودٌ مجندة ما تعارف منها ائتلف وما تناكر منها اختلف", فهذا يأتلف مع أهل البدع دليل أن هناك توافق وتشابه بين الأمرين والشخصين أو الجماعتين.

وعلى كلّ حال ما ذكرناه هو الذي يُخرج عن دائرة أهل السنّة والجماعة.

[فتاوى في العقيدة والمنهج الحلقة الأولى]

https://goo.gl/3P66Bx

قناة الشيخ ربيع بن هادي المدخلي

🔻🔻🔻🔻🔻🔻
🎯 Majmu'ah Ashhaabus Sunnah
🚀 ©hannel telegram : http://bit.ly/ashhabussunnah
➖➖➖➖➖➖
Pada 14.06.2016

Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Poskan Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Komentar dilarang mengandung link Website/Medsos/Email dan berbagai bentuk KONTAK PRIBADI
- Setiap komentar akan diMODERASI dan atas pertimbangan tertentu, kami berhak untuk tidak menampilkan komentar yang dikirim