Berilmu Tak Beramal

◇◇◇◇

️📝📚BERILMU TAK BERAMAL

☆☆☆☆☆
💎Merupakan sebuah kabar gembira dan kenikmatan bagi orang yang mempunyai ilmu, namun kenikmatan ini akan menjadi adzab bagi pemiliknya bahkan akan menjadi hujjah bagi para pemiliknya

🔸Kenapa demikian ❓❓

🔗Atas dasar apa pula bisa mendatangkan adzab ❓❓

👉🔥Ya…. ilmu akan mendatangkan adzab jika tidak diamalkan,tidak pula didakwahkan. Kita menyaksikan begitu banyak Ikhwah yang menghadiri dauroh ,

👈💨Di tempat lain kita menyaksikan ada beberapa ikhwah yang aktif mendatangi taklim,namun muncul pertanyaan besar mengapa akhlak mereka jauh dari apa yang DIDAPATKAN??

◽Rasululloh Sholallohu Alaihi wa salam bersabda : “Adzab Yang paling besar pada hari kiamat nanti adalah orang yang berilmu tapi tidak bermanfaat baginya (tidak di amalkan…pent )

✅Memang benar bahwasanya tujuan dari menuntut ilmu adalah untuk diamalkan . Rasulullah shalllahu alaihi wasallam bersabda :
ﺍﻟﻘُﺮْﺁﻥُ ﺣُﺠَّﺔٌ ﻟَﻚَ ﺃَﻭْ ﻋَﻠَﻴْﻚ

Al- Quran akan menjadi hujjah (yang akan membela) engkau atau akan menjadi bumerang yang akan menyerangmu. (HR Muslim no 223)

Sungguh suatu kenikmatan ketika seseorang bisa aktif ikut pengajian.

💪Akan tetapi apakah kita siap untuk menjawab pertanyaan yang pasti akan ditanyakan kepada kita semua. sebagaimana yang dikabarkan Nabi shalallohu alaihi wasallam .:

ﻭﻋَﻦْ ﻋِﻠْﻤِﻪِ, ﻣَﺎﺫَﺍ ﻋَﻤِﻞَ ﻓِﻴﻪِ؟
👉Dia akan ditanyakan tentang ilmunya , apa yang telah diamalkan dari ilmunya ?”

🔎Ibnul Qoyyim rahimahullah berkata :

ﻛُﻞُّ ﻋِﻠْﻢٍ ﻭَﻋَﻤَﻞٍ ﻻَ ﻳَﺰِﻳْﺪُ ﺍﻹِﻳﻤَﺎﻥَ ﻭﺍﻟﻴَﻘِﻴْﻦَ ﻗُﻮَّﺓً ﻓَﻤَﺪْﺧُﻮْﻝٌ ، ﻭَﻛُﻞُّ
ﺇِﻳﻤَﺎﻥٍ ﻻَ ﻳَﺒْﻌَﺚُ ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟْﻌَﻤَﻞِ ﻓَﻤَﺪْﺧُﻮْﻝ

🔆Setiap ilmu dan amal yang tidak menambah kekuatan dalam keimanan dan keyakinan maka telah termasuki (terkontaminasi) , dan setiap iman yang tidak mendorong untuk beramal maka telah termasuki ( tercoreng) .( Al Fawaid 86)

📕Al- Imam Asy -Syathibi dalam kitabnya yang luar biasa Al- Muwafaqat. Beliau berkata :

ﺃَﻥَّ ﻛُﻞَّ ﻋِﻠْﻢٍ ﻻ ﻳُﻔﻴﺪ ﻋَﻤَﻼً؛ ﻓَﻠَﻴْﺲَ ﻓِﻲ ﺍﻟﺸَّﺮﻉِ ﻣَﺎ ﻳَﺪُﻝُّ ﻋَﻠَﻰ ﺍﺳﺘِﺤﺴَﺎﻧِﻪ

💎“ Semua ilmu yang tidak membuahkan amal maka tidak dalam syariat satu dalil pun yang menunjukkan akan baiknya ilmu tersebut.” ( Al- Muwafaqat 1 /74 )

️Sungguh indah wasiat Al- Khathib al -Baghdadi kepada para penuntut ilmu :

ﻭَﺍﻟْﻌِﻠْﻢُ ﻳُﺮَﺍﺩُ ﻟِﻠْﻌَﻤَﻞِ ﻛَﻤَﺎ ﺍﻟْﻌَﻤَﻞُ ﻳُﺮَﺍﺩُ ﻟِﻠﻨَّﺠَﺎﺓِ ، ﻓَﺈِﺫَﺍ ﻛَﺎﻥَ ﺍﻟْﻌَﻤَﻞُ
ﻗَﺎﺻِﺮًﺍ ﻋَﻦِ ﺍﻟْﻌِﻠْﻢِ، ﻛَﺎﻥَ ﺍﻟْﻌِﻠْﻢُ ﻛَﻠًّﺎ ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟْﻌَﺎﻟِﻢِ ، ﻭَﻧَﻌُﻮﺫُ ﺑِﺎﻟﻠَّﻪِ ﻣِﻦْ ﻋِﻠْﻢٍ ﻋَﺎﺩَ ﻛَﻠًّﺎ، ﻭَﺃَﻭْﺭَﺙَ ﺫُﻟًّﺎ ، ﻭَﺻَﺎﺭَ ﻓِﻲ ﺭَﻗَﺒَﺔِ ﺻَﺎﺣِﺒِﻪِ ﻏَﻠًّﺎ ، ﻗَﺎﻝَ ﺑَﻌْﺾُ ﺍﻟْﺤُﻜَﻤَﺎﺀِ: ﺍﻟْﻌِﻠْﻢُ ﺧَﺎﺩِﻡُ ﺍﻟْﻌَﻤَﻞِ، ﻭَﺍﻟْﻌَﻤَﻞُ ﻏَﺎﻳَﺔُ ﺍﻟْﻌِﻠْﻢ

⭐️Ttujuan ilmu adalah amal , sebagaimana tujuan amal adalah keselamatan. Jika ilmu kosong dari amal maka ilmu itu akan menjadi beban (bumerang) bagi pemiliknya. Kita berlindung kepada Allah dari ilmu yang menjadi beban ( bumerang) dan mendatangkan kehinaan , dan akhirnya menjadi belenggu di leher pemiliknya. Sebagian ahli bijak berkata , “ Ilmu adalah pembantu bagi amal, dan amal adalah puncak dari ilmu.

📚(Iqtidhaul Ilmi Al- ’Amal 14- 15)

🔖Amalkan ilmumu sebelum tiba masa kamu Ditanya tentang ilmu yang ada padamu

👍Sedikit ilmu diamalkan lebih baik daripada banyak ilmu tapi tidak diamalkan

💐💐💐💐💐💐💐💐

✒️_@lmarony

🎁 Forum Ilmiyah Karanganyar

💻http://bit.ly/Forum_ilmiyahKarangAnyar

🌐www.almaroni.blogspot.com

🌿🌿🌿🌹🌹🌿🌿🌿
Pada 16.06.2016

Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Poskan Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Komentar dilarang mengandung link Website/Medsos/Email dan berbagai bentuk KONTAK PRIBADI
- Setiap komentar akan diMODERASI dan atas pertimbangan tertentu, kami berhak untuk tidak menampilkan komentar yang dikirim