Berilmu Tak Beramal

◇◇◇◇
BERILMU TAK BERAMAL
☆☆☆☆☆
Merupakan sebuah kabar gembira dan kenikmatan bagi orang yang mempunyai ilmu, namun kenikmatan ini akan menjadi adzab bagi pemiliknya bahkan akan menjadi hujjah bagi para pemiliknya
Kenapa demikian ❓❓
Atas dasar apa pula bisa mendatangkan adzab ❓❓
Ya…. ilmu akan mendatangkan adzab jika tidak diamalkan,tidak pula didakwahkan. Kita menyaksikan begitu banyak Ikhwah yang menghadiri dauroh ,
Di tempat lain kita menyaksikan ada beberapa ikhwah yang aktif mendatangi taklim,namun muncul pertanyaan besar mengapa akhlak mereka jauh dari apa yang DIDAPATKAN??
◽Rasululloh Sholallohu Alaihi wa salam bersabda : “Adzab Yang paling besar pada hari kiamat nanti adalah orang yang berilmu tapi tidak bermanfaat baginya (tidak di amalkan…pent )
✅Memang benar bahwasanya tujuan dari menuntut ilmu adalah untuk diamalkan . Rasulullah shalllahu alaihi wasallam bersabda :
ﺍﻟﻘُﺮْﺁﻥُ ﺣُﺠَّﺔٌ ﻟَﻚَ ﺃَﻭْ ﻋَﻠَﻴْﻚ
Al- Quran akan menjadi hujjah (yang akan membela) engkau atau akan menjadi bumerang yang akan menyerangmu. (HR Muslim no 223)
Sungguh suatu kenikmatan ketika seseorang bisa aktif ikut pengajian.
Akan tetapi apakah kita siap untuk menjawab pertanyaan yang pasti akan ditanyakan kepada kita semua. sebagaimana yang dikabarkan Nabi shalallohu alaihi wasallam .:
ﻭﻋَﻦْ ﻋِﻠْﻤِﻪِ, ﻣَﺎﺫَﺍ ﻋَﻤِﻞَ ﻓِﻴﻪِ؟
Dia akan ditanyakan tentang ilmunya , apa yang telah diamalkan dari ilmunya ?”

Ibnul Qoyyim rahimahullah berkata :
ﻛُﻞُّ ﻋِﻠْﻢٍ ﻭَﻋَﻤَﻞٍ ﻻَ ﻳَﺰِﻳْﺪُ ﺍﻹِﻳﻤَﺎﻥَ ﻭﺍﻟﻴَﻘِﻴْﻦَ ﻗُﻮَّﺓً ﻓَﻤَﺪْﺧُﻮْﻝٌ ، ﻭَﻛُﻞُّ
ﺇِﻳﻤَﺎﻥٍ ﻻَ ﻳَﺒْﻌَﺚُ ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟْﻌَﻤَﻞِ ﻓَﻤَﺪْﺧُﻮْﻝ
Setiap ilmu dan amal yang tidak menambah kekuatan dalam keimanan dan keyakinan maka telah termasuki (terkontaminasi) , dan setiap iman yang tidak mendorong untuk beramal maka telah termasuki ( tercoreng) .( Al Fawaid 86)

Al- Imam Asy -Syathibi dalam kitabnya yang luar biasa Al- Muwafaqat. Beliau berkata :
ﺃَﻥَّ ﻛُﻞَّ ﻋِﻠْﻢٍ ﻻ ﻳُﻔﻴﺪ ﻋَﻤَﻼً؛ ﻓَﻠَﻴْﺲَ ﻓِﻲ ﺍﻟﺸَّﺮﻉِ ﻣَﺎ ﻳَﺪُﻝُّ ﻋَﻠَﻰ ﺍﺳﺘِﺤﺴَﺎﻧِﻪ
“ Semua ilmu yang tidak membuahkan amal maka tidak dalam syariat satu dalil pun yang menunjukkan akan baiknya ilmu tersebut.” ( Al- Muwafaqat 1 /74 )
️Sungguh indah wasiat Al- Khathib al -Baghdadi kepada para penuntut ilmu :
ﻭَﺍﻟْﻌِﻠْﻢُ ﻳُﺮَﺍﺩُ ﻟِﻠْﻌَﻤَﻞِ ﻛَﻤَﺎ ﺍﻟْﻌَﻤَﻞُ ﻳُﺮَﺍﺩُ ﻟِﻠﻨَّﺠَﺎﺓِ ، ﻓَﺈِﺫَﺍ ﻛَﺎﻥَ ﺍﻟْﻌَﻤَﻞُ
ﻗَﺎﺻِﺮًﺍ ﻋَﻦِ ﺍﻟْﻌِﻠْﻢِ، ﻛَﺎﻥَ ﺍﻟْﻌِﻠْﻢُ ﻛَﻠًّﺎ ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟْﻌَﺎﻟِﻢِ ، ﻭَﻧَﻌُﻮﺫُ ﺑِﺎﻟﻠَّﻪِ ﻣِﻦْ ﻋِﻠْﻢٍ ﻋَﺎﺩَ ﻛَﻠًّﺎ، ﻭَﺃَﻭْﺭَﺙَ ﺫُﻟًّﺎ ، ﻭَﺻَﺎﺭَ ﻓِﻲ ﺭَﻗَﺒَﺔِ ﺻَﺎﺣِﺒِﻪِ ﻏَﻠًّﺎ ، ﻗَﺎﻝَ ﺑَﻌْﺾُ ﺍﻟْﺤُﻜَﻤَﺎﺀِ: ﺍﻟْﻌِﻠْﻢُ ﺧَﺎﺩِﻡُ ﺍﻟْﻌَﻤَﻞِ، ﻭَﺍﻟْﻌَﻤَﻞُ ﻏَﺎﻳَﺔُ ﺍﻟْﻌِﻠْﻢ
⭐️Tujuan ilmu adalah amal , sebagaimana tujuan amal adalah keselamatan. Jika ilmu kosong dari amal maka ilmu itu akan menjadi beban (bumerang) bagi pemiliknya. Kita berlindung kepada Allah dari ilmu yang menjadi beban ( bumerang) dan mendatangkan kehinaan , dan akhirnya menjadi belenggu di leher pemiliknya. Sebagian ahli bijak berkata , “ Ilmu adalah pembantu bagi amal, dan amal adalah puncak dari ilmu.

(Iqtidhaul Ilmi Al- ’Amal 14- 15)
Amalkan ilmumu sebelum tiba masa kamu Ditanya tentang ilmu yang ada padamu
Sedikit ilmu diamalkan lebih baik daripada banyak ilmu tapi tidak diamalkan

✒️_@lmarony
Forum Ilmiyah Karanganyar

Pada 16.06.2016

Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Posting Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Komentar dilarang mengandung link Website/Medsos/Email dan berbagai bentuk KONTAK PRIBADI
- Setiap komentar akan diMODERASI dan atas pertimbangan tertentu, kami berhak untuk tidak menampilkan komentar yang dikirim