Apakah Semua Syaithan Dibelenggu Di Bulan Ramadhan ?

APAKAH SEMUA SYAITHAN DIBELENGGU DI BULAN RAMADHAN ?

✍ Berkata Imam al-Qurthubi رحمه اللّه :

🚧 Kalau ada yang mengatakan : "Bagaimana kita masih saja melihat kejelekan dan kemaksiatan banyak terjadi dibulan ramadhan, kalaulah para syaithan itu dibelenggu bukankah hal itu tidak akan terjadi ?"

👉🏻 Maka jawabannya adalah :

🌅 Bahwasannya hanyalah sedikit puasa dari orang-orang yang berpuasa yang dijaga syarat-syarat dan dipelihara adab-adabnya.

💥 Atau yang dibelenggu adalah sebagian dari syaithan-syaithan yang mereka itu adalah yang paling jahatnya (pembesar-pembesarnya-pen) sehingga tidak semua syaithan sebagaimana dipaparkan disebagian riwayat-riwayat.

🌒 Atau yang dimaksud adalah dikuranginya kejelekan pada bulan Ramadhan dan ini adalah perkara yang nampak karena sesungguhnya terjadinya kejelekan tersebut di bulan Ramadhan itu lebih sedikit dibanding bulan selainnya, ketika tidak dilazimkan bahwa yang dibelenggu adalah seluruh syaithan agar tidak terjadi kejelekan dan kemaksiatan.

🔥 Karena terdapat pula sebab-sebab terjadinya kejelekan dan kemaksiatan tersebut selain dari syaithan-syaithan seperti :

▪️ Jiwa-jiwa yang jelek, atau
▪️ Kebiasaan-kebiasaan yang buruk, atau
▪️ Syaithan-syaithan dari kalangan manusia."

📚 Fathul Baari

📂 Sumber || Channel Telegram Asy-Syaikh Fawaz al-Madkholiy حفظه اللّه

~~~~
#الصيام_جنة

📊 هل تصفد كل الشياطين في رمضان !!؟

📋قَالَ الْقُرْطُبِيّ رحمه الله :

فَإِنْ قِيلَ كَيْفَ نَرَى الشُّرُورَ وَالْمَعَاصِيَ وَاقِعَةً فِي رَمَضَان كَثِيرًا فَلَوْ صُفِّدَتْ الشَّيَاطِينُ لَمْ يَقَعْ ذَلِكَ ؟

فَالْجَوَابُ : أَنَّهَا إِنَّمَا تَقِلُّ عَنْ الصَّائِمِينَ الصَّوْم الَّذِي حُوفِظَ عَلَى شُرُوطِهِ وَرُوعِيَتْ آدَابُهُ .

أَوْ الْمُصَفَّد بَعْض الشَّيَاطِينِ وَهُمْ الْمَرَدَةُ لَا كُلُّهُمْ كَمَا تَقَدَّمَ فِي بَعْضِ الرِّوَايَاتِ .

أَوْ الْمَقْصُودِ تَقْلِيل الشُّرُورِ فِيهِ وَهَذَا أَمْر مَحْسُوس فَإِنَّ وُقُوع ذَلِكَ فِيهِ أَقَلّ مِنْ غَيْرِهِ , إِذْ لا يَلْزَمُ مِنْ تَصْفِيد جَمِيعهمْ أَنْ لا يَقَعُ شَرّ وَلا مَعْصِيَة لأَنَّ لِذَلِكَ أَسْبَابًا غَيْر الشَّيَاطِينِ كَالنُّفُوسِ الْخَبِيثَةِ وَالْعَادَات الْقَبِيحَة وَالشَّيَاطِينِ الإِنْسِيَّة اهـ .

📚 [  فتح الباري ] 📚

🖨 www.salafymajalengka.com
✒️_Dakwah Salafiyah Majalengka
📟📡 Channel Telegram: https://bit.ly/DakwahSalafiyahMajalengka

➖➖➖➖➖➖➖➖
Pada 14.06.2016


Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Poskan Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Komentar dilarang mengandung link Website/Medsos/Email dan berbagai bentuk KONTAK PRIBADI
- Setiap komentar akan diMODERASI dan atas pertimbangan tertentu, kami berhak untuk tidak menampilkan komentar yang dikirim