Apakah bertaubat dari berteman dengan tokoh ahlul ahwa cukup taubat antara dia dengan Allah saja

Tanya:
Jika seorang ikhwah ahlussunnah diketahui oleh yang lain dari kalangan ahlussunnah dia berteman dan berta'awun dalam dakwah dengan seorang tokoh ahlul ahwa, apakah ketika dia bertaubat hanya sebatas antara dia dengan Allah?

Jawab:
Oleh Al Ustadz Abu Hamzah Yusuf hafizhahullah

Tidak! Artinya pertama adalah seperti ini. Dia harus memohon ampun, bertaubat antara dia dengan Allah Subhanahu Wa Ta'ala. Kemudian tuntutan yang kedua, tetap harus melakukan ishlah, karena boleh jadi dengan kedekatannya dia dengan seorang tokoh ahlul ahwa itu membuat suasana menjadi tidak nyaman. Banyak di kalangan ahlussunnah yang ribut karenanya, ini harus melakukan ishlah.

Kemudian juga harus melakukan bayan, penjelasan kepada ummat. Dan harus menampakkan baro'ahnya, berlapas dirinya dari tokoh ahlul ahwa tadi.

Tanya:
Jika upaya taubat yang dilakukan baru sebatas ini?

Jawab:
Oleh Al Ustadz Abu Hamzah Yusuf hafizhahullah

Ya harusnya dinasehati, dan ditunggu sejauh mana kebenaran dari taubatnya.

Download Audio disini

www.thalabilmusyari.web.id

Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Poskan Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Komentar dilarang mengandung link Website/Medsos/Email dan berbagai bentuk KONTAK PRIBADI
- Setiap komentar akan diMODERASI dan atas pertimbangan tertentu, kami berhak untuk tidak menampilkan komentar yang dikirim