Ampunan Dosa di Bulan Ramadhan

AMPUNAN DOSA DI BULAN RAMADHAN

📑 Asy Syaikh Shalih Fauzan bin Abdillah al Fauzan حفظه الله

📫 Pertanyaan: Semoga Allah memberikan pahala kepada Anda, wahai Syaikh yang mulia. Sehubungan dengan sabda Musthofa shallallahu ‘alaihi wasallam:

“Barang siapa yang berpuasa pada bulan Ramadhan dikarenakan iman dan mengharap pahala, maka akan diampuni dosanya yang telah lalu”

Apakah ini juga mencakup dosa-dosa besar?

🔓 Jawaban: Permasalahan ini diperselisikan oleh para ulama.

⏩ Pendapat yang benar bahwasanya dosa-dosa besar tidak termasuk di dalamnya. Karena dosa-dosa besar mengharuskan padanya taubat.

✋🏻 Namun, yang dimaksud dalam hadits adalah dosa-dosa kecil. Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

"Sholat lima waktu, Jum’at ke Jum’at berikutnya, dan Ramadhan ke Ramadhan berikutnya adalah penghapus dosa di antara amalan-amalan tersebut selama dosa-dosa besar dijauhi”.

Allah berfirman:

“Jika kalian menjauhi dosa-dosa besar yang dilarang atas kalian maka sungguh kami akan menghapus kesalahan-kesalahan kalian”.

🌹 Maka sangat jelas dari dalil-dalil yang kita sebutkan menunjukkan bahwa pengampunan dosa yang dimaksud adalah dosa-dosa kecil. Dosa-dosa kecil bisa diampuni dengan melakukan amal-amal soleh, adapun dosa-dosa besar maka membutuhkan taubat darinya.

🌎 Kunjungi || http://forumsalafy.net/ampunan-dosa-di-bulan-ramadhan/

⚪WhatsApp Salafy Indonesi
⏩ Channel Telegram || http://bit.ly/ForumSalafy

💎💎💎💎💎💎💎💎💎💎💎💎
Pada 05.06.2016

Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Poskan Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Komentar dilarang mengandung link Website/Medsos/Email dan berbagai bentuk KONTAK PRIBADI
- Setiap komentar akan diMODERASI dan atas pertimbangan tertentu, kami berhak untuk tidak menampilkan komentar yang dikirim