Kitab matan yang penting untuk dihafal

Tanya:
Matan apakah yang paling penting untuk dihafal dan urutan-urutannya?

Jawab:
Oleh Al Ustadz Abu Muawiyah Askary hafizhahullah

Masing-masing matan itu sifatnya memudahkan. Apabila seorang hendak menghafal, menguasai suatu cabang ilmu maka itu dituntut baginya untuk menghafal. Menghafal itu akan memberi kemudahan seseorang untuk mendalami suatu ilmu. Sesuai/tergantung tingkatan ilmu seorang.

Misalnya dalam ilmu musthalahul hadits, maka dia menghafal bait an nuniah. Hafal, tapi berusaha dia pahami isinya. Setelah itu dia pindah, menghafal nukhbbatul fikr. Yang lebih afdhal lagi kalau dia bisa menghafal nuzhatun nazhar. Dan itu tidak sulit bagi seorang yang bersungguh-sungguh belajar ilmu musthalahul hadits. Menghafal nuzhatun nazhar satu hal yang tidak sulit. Bahasa yang disebutkan oleh al hafizh Ibnu Hajar, bahasa yang mudah.

Seorang yang menghafalnya itu luar biasa, dia akan mendapatkan faidah yang banyak sekali dari apa yang disebutkan oleh al hafizh rahimahullahu ta'ala. Apabila dia ingin meluas, maka dia menghafal yang lainnya. Alfiyah as Suyuthi. Dan alfiyah as Suyuthi itu lebih mencakup daripada alfiyah al 'iraqi. Demikian pula cabang-cabang ilmu yang lain. Wallahu ta'ala a'lam.

Download Audio disini

www.thalabilmusyari.web.id

Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Poskan Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Komentar dilarang mengandung link Website/Medsos/Email dan berbagai bentuk KONTAK PRIBADI
- Setiap komentar akan diMODERASI dan atas pertimbangan tertentu, kami berhak untuk tidak menampilkan komentar yang dikirim