Faedah-faedah Matan Kitab Tauhid (Surat An Nisa ayat 36)

FAEDAH-FAEDAH MATAN KITAB TAUHID

☀----------------------------☀

{وَاعْبُدُوا اللّهَ وَلَا تُشْرِكُوا بِهِ شَيْئًا} [النساء: ٣٦] الآية

🔎_ "Dan beribadahlah kalian kepada Allah serta janganlah mempersekutukan-Nya dengan sesuatu apapun." [An Nisâ: 36]

🔭 🔥  Syirik adalah menyamakan selain Allah dengan Allah dalam hal-hal yang menjadi kekhususan-Nya.

⚖ MAKNA AYAT SECARA GLOBAL :
—————————————————————

🌻 Allah سبحانه وتعالى memerintahkan hamba-hamba-Nya untuk beribadah kepada-Nya semata dan melarang mereka berbuat syirik.

🌷 Allah tidak menyebutkan satu macam tertentu dari macam-macam ibadah, seperti salat, doa atau yang lainnya, sehingga perintah ini berlaku umum untuk segala macam ibadah.

🌵 Allah juga tidak menyebutkan satu macam tertentu dari macam-macam kesyirikan sehingga pelarangan ini pun meliputi segala jenis kesyirikan."

🏹 FAEDAH AYAT :
————————————

✅  1. Wajibnya mengesakan Allah dalam beribadah sebagai kewajiban yang paling diutamakan. Karena hal itulah yang pertama kali Allah perintahkan dalam ayat ini (padahal terdapat kewajiban-kewajiban lain yang Allah sebutkan dalam ayat).

✅  2. Menjauhi kesyirikan merupakan syarat sah ibadah. Karena Allah mengaitkan perintah untuk beribadah dengan pelarangan berbuat syirik.

✅  3. Haramnya kesyirikan, besar maupun kecil, sedikit maupun banyak. Karena kata {شَيْئًا} (sesuatu) secara ilmu bahasa Arab berbentuk nakirah dan berada dalam konteks pelarangan sehingga mencakup semuanya.

✅  4. Tidak boleh menyekutukan Allah dalam beribadah (seperti doa, istighatsah, menyembelih dan selainnya) dengan apapun dan siapapun, baik malaikat, seorang nabi, orang saleh, patung maupun yang lainnya. Karena kata {شَيْئًا} (sesuatu) berlaku umum.

📚  Pustaka acuan: al Mulakhkhash fî Syarhi Kitâbit Tauhîd, hal. 15, karya asy Syaikh Shâlih bin Fauzân al Fauzân حفظه الله تعالى

📎📎📎📎📎📎📎📎📎📎📎

✍ WA  KITA🌏SATU
✳  TELEGRAM: http://tlgrm.me/KajianIslamTemanggung
Pada 08.05.2016


Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Poskan Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Komentar dilarang mengandung link Website/Medsos/Email dan berbagai bentuk KONTAK PRIBADI
- Setiap komentar akan diMODERASI dan atas pertimbangan tertentu, kami berhak untuk tidak menampilkan komentar yang dikirim