Urgensi Gerakan Bibir dalam Shalat, Membaca Doa Atau Dzikir

KajianIslamTemanggung, [21.08.16 06:43]—◎※◎—

๐Ÿ‘ ๐Ÿ“’๐Ÿ’Ž SILSILAH FIQIH SHALAT

—◎※◎—

๐Ÿ’Ž  Urgensi gerakan bibir dalam shalat,  membaca doa atau dzikir

๐Ÿ“ฅ๐Ÿ“œ Pertanyaan :
Apakah wajib menggerakkan kedua bibir dalam shalat, dzikir & bacaan? Atau cukup membaca tanpa gerakan bibir?

๐Ÿ“š๐ŸŒบ Jawaban :
 Harus ada gerakan kedua bibir ketika membaca Alqur'an dalam shalat. Demikian halnya dalam bacaan dzikir2 yang wajib, seperti takbir, tahmid & tasyahud. Karena tidaklah dikatakan sebagai suatu perkataan kecuali jika  diucapkan. Dan tidak ada ucapan kecuali dengan gerakan kedua bibir & lidah.

⌛️ Oleh karenanya dahulu para shahabat mengetahui bacaan Nabi shallallahu alaihi wa sallam dari gerakan jenggot beliau.

๐Ÿ’ก๐Ÿ‘‚๐ŸปNamun para ulama berbeda pendapat apakah seseorang wajib memperdengarkan (bacaan) kepada dirinya sendiri? Atau cukup dengan pengucapan hurufnya saja?

๐Ÿ–ผ ๐Ÿ–Š Di antara mereka ada yang berpendapat harus ada suara untuk diperdengarkan kepada dirinya sendiri. Sebagian ulama yang lain menyatakan sudah cukup jika dia menampakkan hurufnya saja (tanpa suara,pen) & inilah pendapat yang benar.

๐Ÿ“๐Ÿ“’ Referensi : Liqo al bab al maftuh (20)


๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡จ>><<<๐Ÿ‡ธ๐Ÿ‡ฆ
ุงู„ุณุคุงู„:

 ู‡ู„ ูŠู„ุฒู… ุชุญุฑูŠูƒ ุงู„ุดูุชูŠู† ููŠ ุงู„ุตู„ุงุฉ ูˆุงู„ุฃุฐูƒุงุฑ ูˆุงู„ู‚ุฑุงุกุฉ؟ ุฃู… ูŠูƒููŠ ุฃู† ูŠู‚ุฑุฃ ุจุฏูˆู† ุชุญุฑูŠูƒ ุงู„ุดูุชูŠู†؟

 ุงู„ุฌูˆุงุจ:

 ู„ุง ุจุฏ ู…ู† ุชุญุฑูŠูƒ ุงู„ุดูุชูŠู† ููŠ ู‚ุฑุงุกุฉ ุงู„ู‚ุฑุขู† ููŠ ุงู„ุตู„ุงุฉ، ูˆูƒุฐู„ูƒ ููŠ ู‚ุฑุงุกุฉ ุงู„ุฃุฐูƒุงุฑ ุงู„ูˆุงุฌุจุฉ، ูƒุงู„ุชูƒุจูŠุฑ ูˆุงู„ุชุณุจูŠุญ ูˆุงู„ุชุญู…ูŠุฏ ูˆุงู„ุชุดู‡ุฏ؛ ู„ุฃู†ู‡ ู„ุง ูŠุณู…ู‰ ู‚ูˆู„ุงً ุฅู„ุง ู…ุง ูƒุงู† ู…ู†ุทูˆู‚ุงً ุจู‡، ูˆู„ุง ู†ุทู‚ ุฅู„ุง ุจุชุญุฑูŠูƒ ุงู„ุดูุชูŠู† ูˆุงู„ู„ุณุงู†، ูˆู„ู‡ุฐุง ูƒุงู† ุงู„ุตุญุงุจุฉ -ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡ู…- ูŠุนู„ู…ูˆู† ู‚ุฑุงุกุฉ ุงู„ู†ุจูŠ -ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…- ุจุงุถุทุฑุงุจ ู„ุญูŠุชู‡ -ุฃูŠ: ุจุชุญุฑูƒู‡ุง-.

 ูˆู„ูƒู† ุงุฎุชู„ู ุงู„ุนู„ู…ุงุก ู‡ู„ ูŠุฌุจ ุฃู† ูŠُุณู…ุน ู†ูุณู‡؟ ุฃู… ูŠูƒุชููŠ ุจู†ุทู‚ ุงู„ุญุฑูˆู؟ ูู…ู†ู‡ู… ู…ู† ู‚ุงู„: ู„ุง ุจุฏ ุฃู† ูŠุณู…ุน ู†ูุณู‡، ุฃูŠ: ู„ุง ุจุฏ ุฃู† ูŠูƒูˆู† ู„ู‡ ุตูˆุช ูŠุณู…ุนู‡ ู‡ูˆ ุจู†ูุณู‡، ูˆู…ู†ู‡ู… ู…ู† ู‚ุงู„: ูŠูƒููŠ ุฅุฐุง ุฃุธู‡ุฑ ุงู„ุญุฑูˆู، ูˆู‡ุฐุง ู‡ูˆ ุงู„ุตุญูŠุญ.

ุงู„ู…ุตุฏุฑ: ู„ู‚ุงุก ุงู„ุจุงุจ ุงู„ู…ูุชูˆุญ [20]



◑◐◑◐◑◐◑◐◑◐◑◐◑◐◑◐

๐Ÿ’กTetap semangat menuntut ilmu syar'i dan jangan lupa ajak orang-orang terdekatmu bergabung di chanel ini ...

✒️ Dzulqa'dah 1437 H

๐ŸŒ WA KITASATU________________๐Ÿ–‹
๐Ÿ“ฅJoin Channel Telegram:
http://bit.ly/KajianIslamTemanggung

Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Posting Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Komentar dilarang mengandung link Website/Medsos/Email dan berbagai bentuk KONTAK PRIBADI
- Setiap komentar akan diMODERASI dan atas pertimbangan tertentu, kami berhak untuk tidak menampilkan komentar yang dikirim