Sifat Penduduk Surga

SIFAT PENDUDUK SURGA

عن أبي هريرة رضي الله عنه قَالَ "أَتَى أَعْرَابِيٌّ النَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم، فَقَالَ: دُلَّني عَلَى عَمَلٍ إِذَا عَمِلْتُهُ دَخَلْتُ الْجَنَّةَ. قَالَ: تَعْبُدُ اللَّهَ وَلَا تُشْرِكُ بِهِ شَيْئًا، وَتُقِيمُ الصَّلَاةَ الْمَكْتُوبَةَ، وتُؤدِّي الزَّكَاةَ الْمَفْرُوضَةَ، وَتَصُومُ رَمَضَانَ. قَالَ: وَالَّذِي نَفْسِي بِيَدِهِ، لَا أَزِيدُ عَلَى هَذا شَيْئًا وَلَا أنْقُصُ مِنْهُ. فَلَمَّا وَلَّى، قَالَ النَّبِيُّ صلى الله عليه وسلم: مَنْ سَرَّه أَنْ يَنْظُرَ إِلَى رَجُلٍ مِنْ أَهْلِ الْجَنَّةِ فَلْيَنْظُرْ إِلَى هَذَا" متفق عليه1.

✳️ Dari Abu Hurairah Radhiallahu ‘anhu ia berkata
👉🏻 “Seorang arab badui mendatangi Nabi Shallallahu ‘alaihi wa Sallam lalu berkata, “Tunjukkanlah kepadaku suatu amalan yang apabila aku melakukannya, maka aku akan masuk jannah (surga).

🌧 Maka Beliau bersabda,
👉🏻“Kamu beribadah kepada Allah dan tidak menyekutukannya dengan sesuatu apa pun, menegakkan shalat yang diwajibkan, membayar zakat yang diwajibkan, dan berpuasa pada bulan Ramadhan.”

🔆 Orang itu pun menimpali, “Demi Dzat yang jiwaku di tangan-Nya, aku tidak akan menambah dari amalan ini sedikit pun dan tidak akan menguranginya.”

💥 Ketika orang itu berlalu pergi, Nabi Shallallahu ‘alaihi wa Sallam berkata,
“Barangsiapa ingin melihat seseorang  dari penduduk surga maka lihatlah kepada orang ini.”

(HR. AL-BUKHARI DAN MUSLIM)

🍏 PENJELASAN:
🔆 Barangsiapa melaksanakan apa yang telah Allah wajibkan atasnya dan meninggalkan apa yang telah Allah larang, maka dia berhak masuk surga dan selamat dari adzab neraka.

🔆 Jika ada yang mengatakan, bukankah dalam hadits ini tidak disebutkan semua amalan yang wajib dan amalan yang dilarang?
🌷 Maka dapat dijawab, bahwa dalam riwayat al-Bukhari disebutkan dengan lafazh, “Maka Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam mengkhabarkan kepadanya syari’at-syari’at Islam.” Syari’at Islam di sini mencakup amalan-amalan yang telah Allah wajibkan.

🌸 Wallahu a'lam, smg bermanfaat

📝 Disajikan oleh: Tim Warisan Salaf
🌍 Sumber Panduan:
🔗 Bahjatu Qulubil Abror
🔗 Syarah Muslim

〰〰➰〰〰
🍉 Warisan Salaf menyajikan Artikel dan Fatawa Ulama Ahlussunnah wal Jama'ah
🍏 Ikuti Channel kami di telegram https://bit.ly/warisansalaf
💻 Situs Resmi http://www.warisansalaf.com
Pada 13.03.2016

Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Poskan Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Komentar dilarang mengandung link Website/Medsos/Email dan berbagai bentuk KONTAK PRIBADI
- Setiap komentar akan diMODERASI dan atas pertimbangan tertentu, kami berhak untuk tidak menampilkan komentar yang dikirim