Hukum Sholat di Belakang Imam yang Melakukan Amalan Bid'ah

🇮🇩🍃USTADZ  MENJAWAB🍃🇮🇩 ❓

( Soal no 233) Bismilah.

Ustadz sebagaimana kita ketahui kebanyakan di pulau jawa❓
Kebanyakan imam Masjid dikampung, sudah biasa melakukan amalan sperti manakib, maulud, istighotsah,ziarah kubur dll.
Bagaimana hukum sholat di belakang imam seperti ini❓kami butuh arahan dan bimbingan antum Ustadz.

Jazakumullah khoiron

💺 Di Jawab oleh Al Ustad Abu Khuzaimah murid  Al Ustad Luqman Ba'abduh.(Muqim di Kota Padang Pengajar  Ma'had Silsilatush Sholihin )

📗Jawaban: HUKUM SHOLAT DIBELAKANG AHLUL BID’AH

Selama bid’ahnya adalah bid’ah yang tidak mengeluarkannya dari agama islam maka boleh sholat dibelakangnya. Asy Syaikh Abdul Aziz bin Baz rahimahullah mengatakan:

نعم تصح الصلاة خلف المبتدع وخلف المسبل إزاره وغيرهما من العصاة في أصح قولي العلماء ما لم تكن البدعة مكفرة لصاحبها، فإن كانت مكفرة له كالجهمي ونحوه ممن بدعتهم تخرجهم عن دائرة الإسلام، فلا تصح الصلاة خلفهم، ولكن يجب على المسئولين أن يختاروا للإمامة من هو سليم من البدعة والفسق، مرضي السيرة؛ لأن الإمامة أمانة عظيمة، القائم بها قدوة للمسلمين، فلا يجوز أن يتولاها أهل البدع والفسق مع القدرة على تولية غيرهم.

“Iya, Sholat dibelakang (menjadi makmum bagi seorang ) Ahlul Bid’ah dan yang isbal sarungnya dan juga selain keduanya dari para pelaku maksiat, adalah sah menurut pendapat yang paling shohih. Selama bid’ahnya tidak mengeluarkannya dari agama islam (atau yang disebut dengan Bid’ah Mukaffirah:  pen).

Jika Bid’ahnya adalah bid’ah yang mengeluarkannya dari agama islam seperti bid’ahnya Jahmiyah dan yang semisal dengannya maka tidak sah sholat dibelakang (menjadi makmum)nya.

Akan tetapi wajib bagi setiap yang bertanggung jawab dalam pemilihan imam untuk memilih imam yang yang selamat dari amalan Bid’ah dan kefasikan, mempunyai latar belakang yang baik, karena keimaman sholat adalah amanah yang sangat besar, yang menjalankan amanah ini adalah teladan bagi kaum muslimin, maka tidak boleh mengamanahkan perkara ini kepada ahlul (pelaku) bid’ah dan kefasikan, sedangkan dia mampu untuk mencari selain dari mereka untuk memegang amanah ini” (Majmu’ Fatawa Bin Baz)

✏Dipublikasi Oleh
🇮🇩🍃USTADZ  MENJAWAB🍃🇮🇩
______________________

~~~~~~~~~~~~~~~~~~
📡🌍 Publikasi :
~~~~~~~~~~~~~~~~~~
Link Access :
📟https://bit.ly/SilsilatusSholihinPadang
~~~~~~~~~~~~~~~~~~
Kumpulan Artikel :
🖥www.salafypadang.salafymedia.com
---------------------------
📮https://telegram.me/SilsilatusSholihin

====================
🇮🇩💫Ⓜ️Ma'had Silsilatus Sholihin Padang
Pada 25.03.2016

Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Poskan Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Komentar dilarang mengandung link Website/Medsos/Email dan berbagai bentuk KONTAK PRIBADI
- Setiap komentar akan diMODERASI dan atas pertimbangan tertentu, kami berhak untuk tidak menampilkan komentar yang dikirim