Hukum Shalat Anak-anak Di Bawah Umur 7 Tahun di Shaf Depan

HUKUM SHALAT ANAK-ANAK DI BAWAH UMUR TUJUH TAHUN DI SHAF DEPAN

🌷Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz rahimahullah

Pertanyaan:
Apa hukum shalat anak-anak di bawah umur tujuh tahun pada shaf bagian depan, dan memepersempit orang-orang yang shalat, dan hal ini diantara yang selalu membuat celah pada shaf serta mereka membuat sebagian.gerakan dalam shalat?

Jawaban:
Anak-anak yang di bawah umur tujuh tahun mereka tidak wajib shalat dan tidak diperintahkan shalat. Yang dianjurkan bagi bapak-bapak mereka adalah menetapkan mereka di rumah hingga tidak mengganggu orang-orang yang shalat. Inilah yang dianjurkan. Namun apabila ada salah satu dari mereka di antara shaf maka tidak membahayakan shaf. Hendaknya orang yang ada di sekitarnya membimbingnya untuk tenang hingga tidak mengganggu seorang pun dan tidak terganggu. Adapun bapak-bapak mereka, dianjurkan menjaga mereka di rumah dan tidak mendatangkan mereka ke masjid sampai tidak mengganggu orang-orang dan memutus shaf, sehingga ketika ada salah satu dari mereka di shaf dan perlu untuk tetapnya di shaf maka tidak membahayakan shaf dan kondisinya seperti kursi atau tiang atau pun selain itu, jika perlu adanya di shaf.

http://www.binbaz.org.sa/noor/5487

📁http://bit.ly/Al-Ukhuwwah
Pada 10.03.2016

حكم صلاة الأطفال دون السابعة؟
ما حكم صلاة الأطفال دون السابعة في الصفوف الأمامية، ويزاحمون المصلين، وهذا مما يجعل دائماً أن يكون هناك فرجة في الصفوف، وأن يحدثوا بعض الحركات في الصلاة؟

الأطفال الذين هم دون السبع ليس لهم صلاة، ولا يؤمرون بالصلاة، والمشروع لآبائهم إبقائهم في البيوت حتى لا يشوشوا على المصلين، هذا هو المشروع، لكن لو وجد أحدهم بين الصفوف لم يضر الصف، وعلى من حوله أن يرشده إلى الهدوء حتى لا يؤذي أحداً ولا يؤذى، أما آبائهم فالمشروع لهم أن يحفظوهم في البيوت، وأن لا يحضروهم إلى المساجد حتى لا يشوشوا على الناس ويقطعوا الصفوف، ومتى وجد أحدٌ منهم في الصف ودعت الحاجة إلى بقائه فإنه لا يضر الصف ويكون بمثابة الكرسي أو العمود أو ما أشبه ذلك إذا دعت الحاجة إلى وجوده في الصف.

Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Poskan Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Komentar dilarang mengandung link Website/Medsos/Email dan berbagai bentuk KONTAK PRIBADI
- Setiap komentar akan diMODERASI dan atas pertimbangan tertentu, kami berhak untuk tidak menampilkan komentar yang dikirim