Hukum Memakai Obat Penumbuh Jenggot

KajianIslamTemanggung, [27.03.16 06:44]๐Ÿ“ฎ SILSILAH FATWA ULAMA

—◎※◎— ๐Ÿ”˜ —◎※◎—

๐Ÿ’Š HUKUM MEMAKAI OBAT PENUMBUH JENGGOT

—◎※◎— ⛔️—◎※◎—


๐Ÿ’บ Fadhilatus Syaikh Al Utsaimin rahimahullah

๐Ÿ”ŽJawaban : Jika dia berharap jenggot tersebut tumbuh sendiri (alami), maka usahakan jangan  menggunakan obat. Karena semacam itu bukan aib.  kebanyakan pemuda di fase awal pertumbuhan jenggot, maka jenggotnya tidak tumbuh semuanya dengan merata. Maka hendaknya dia menunggu.

☑️ Namun jika itu adalah aib. Dimana kita mengetahui & berputus asa karena jenggotnya tidak bisa tumbuh secara alami, maka tidak masalah diobati sehingga jenggotnya (yang tidak  tumbuh) bisa keluar. Terlebih lagi jika kondisi seperti itu memperburuk penampilan.

✖️Adapun jika tidak memperburuk penampilan, maka lebih utama tidak diterapi dengan obat apapun. Karena aku khawatir ini termasuk menyambung rambut.

๐Ÿ“ŒYang mana Rasul shallahu alaihi wa sallam melaknat orang yang menyambung rambut & meminta disambungkan rambutnya.

๐Ÿ“ค Sumber : Liqa Al Bab Al Maftuh : 14.

➖➖➖➖➖➖

๐Ÿ’Š ุญูƒู… ุงุณุชุฎุฏุงู… ุนู„ุงุฌ ู„ุฅู†ุจุงุช ุดุนุฑ ุงู„ู„ุญูŠุฉ

๐Ÿ” ุงู„ุฌูˆุงุจ

ุฅุฐุง ูƒุงู† ูŠُุฑْุฌَู‰ ู†ุจุงุชُู‡ ุจู†ูุณِู‡ ูู„ุง ูŠุญุงูˆู„؛ ู„ุฃู† ู‡ุฐุง ู„ูŠุณ ุจุนูŠุจ، ุฅุฐْ ุฃู† ูƒุซูŠุฑุงً ู…ู† ุงู„ุดุจุงุจ ุงู„ุฐูŠู† ููŠ ุงุจุชุฏุงุก ู†ุจุงุช ู„ِุญุงู‡ُู… ู„ุง ุชู†ุจุช ุงู„ู„ِّุญَู‰ ู…ุณุชูˆูŠุฉ ุฌู…ูŠุนุงً، ููŠู†ุชุธุฑ. ุฃู…ุง ุฅุฐุง ูƒุงู† ุนูŠุจุงً ุจุญูŠุซ ู†ุนู„ู… ูˆู†ูŠุฆุณ ุฃู†ู‡ ู„ู† ูŠู†ุจุช ุจู†ูุณِู‡، ูู„ุง ุญุฑุฌ ุฃู† ูŠุนุงู„ุฌ ุฐู„ูƒ ุญุชู‰ ูŠุฎุฑุฌ ุงู„ุจุงู‚ูŠ، ู„ุง ุณูŠู…ุง ุฅู† ูƒุงู†ุช ู…ุดูˆู‡ุฉ، ุฃู…ุง ุฅุฐุง ูƒุงู†ุช ุบูŠุฑ ู…ุดูˆู‡ุฉ، ูุงู„ุฃูุถู„ ุฃู„ุง ูŠุนุงู„ุฌู‡ุง ุจุดูŠุก؛ ู„ุฃู†ูŠ ุฃุฎุดู‰ ุฃู† ูŠูƒูˆู† ู‡ุฐุง ู…ู† ุฌู†ุณ ุงู„ูˆุตู„ ุงู„ุฐูŠ ู„ุนู† ููŠู‡ ุงู„ุฑุณูˆู„ -ุนู„ูŠู‡ ุงู„ุตู„ุงุฉ ูˆุงู„ุณู„ุงู…- ุงู„ูˆุงุตู„ุฉ ูˆุงู„ู…ุณุชูˆุตู„ุฉ.

๐Ÿ“ฅ๐Ÿ“๐Ÿ“ค ุงู„ู…ุตุฏุฑ: ู„ู‚ุงุก ุงู„ุจุงุจ ุงู„ู…ูุชูˆุญ [41]


▣◈▣◈▣◈▣◈▣◈▣◈▣◈▣

๐Ÿšก Alih Bahasa TIM KITasatu

๐ŸŒ WA KITASATU
๐Ÿ“ฅJoin Channel Telegram:
http://tlgrm.me/KajianIslamTemanggung

๐ŸŒUntuk faedah lain kunjungi:
www.Tashfiyah.com
www.Serambiharamain.com

Postingan terkait: