Bolehkah memarahi anak umur dua tahun dengan melotot

Tanya:
Bolehkah kita memarahi anak umur dua tahun dengan penglihatan yang tajam (maksudnya dipelototin)?

Jawab:
Oleh Al Ustadz Muhammad As Sewed hafizhahullah

Na'am, al muhim didik mereka dengan apa yang mereka tahu, apa yang mereka bisa mengerti. Kalau mereka tidak bisa mengerti, percuma. Bahkan tidak jadi pendidikan, tapi mungkin jadi sebaliknya. Anak umur dua tahun, kira-kira paham tidak kalau kamu melotot kenapa? Kalau dia bisa paham, kemudian dia yartaji', diantara itu menghentikan perbuatan jeleknya, itu bagus, tidak mengapa, na'am.

Tapi sepertinya anak kecil dipelototin takut, tapi tidak tahu sebabnya apa. Takutnya iya, dia takut, mungin nangis malah. Tapi kenapa? Dia lemah (dia lemah), kenapa saya dipelototin? Seringkali demikian. Sehingga kalau umur-umur dua tahun, pegang dia tangannya, mau mengambil sesuatu yang tidak boleh:

"Jangan ya nak!"

Kalimatnya menyebutkan jangan ya nak, tapi tangan kita bergerak, diangkat, pindahkan, atau distop, berhentikan. Dan mereka paham ucapan kita, walaupun tidak bisa meniru. Atau sudah bisa meniru, itu urusan kedua. Tetapi ucapan kita mereka paham.

Download Audio disini

www.thalabilmusyari.web.id

Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Poskan Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Komentar dilarang mengandung link Website/Medsos/Email dan berbagai bentuk KONTAK PRIBADI
- Setiap komentar akan diMODERASI dan atas pertimbangan tertentu, kami berhak untuk tidak menampilkan komentar yang dikirim