Bagaimana hukum operasi caesar yang disarankan menggunakan BPJS

Tanya:
Afwan ustadz, istri saya sedang hamil dan insya Allah sudah masuk sembilan bulan. Dan terkahir istri saya disuruh operasi caesar, kemudian disarankan untuk membuat kartu BPJS. Sedangkan saya sudah tahu bahwa hukum BPJS itu haram. Mohon solusinya serta doanya! Jazakallaahu khoiron.

Jawab:
Oleh Al Ustadz Muhammad As Sewed hafizhahullah

Memang sudah harus? Sudah mesti di caesar? Karena jaman sekarang, jaman sekarang kita memang betul-betul sedih. Banyak dokter-dokter yang memutuskan keputusan bukan berdasarkan tujuan-tujuan yang memang weh...(seharusnya, -red). Ada yang urusannya karena ingin mendaptkan bayaran lebih besar.

Sehingga kalau bisa, diperbandingkan dulu dengan dokter-dokter yang lain. Kalau bisa normal, alhamdulillah. Kalau ternyata memang semua (dokter, -red) sepakat bahwa itu perkara-perkara yang bahaya, harus caesar, maka hendaklah kaum muslimin ahlussunnah ta'awun, bantu membantu untuk menolong dia meringankan bayaran. Na'am.

Download Audio disini

www.thalabilmusyari.web.id

Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Poskan Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Komentar dilarang mengandung link Website/Medsos/Email dan berbagai bentuk KONTAK PRIBADI
- Setiap komentar akan diMODERASI dan atas pertimbangan tertentu, kami berhak untuk tidak menampilkan komentar yang dikirim