Tata Cara Sujud Tilawah dan Apakah Disyaragkan Harus dalam Keadaan Suci serta Menghadap Kiblat?

📐💐 SUJUD TILAWAH

Bagaimana Tata Cara Sujud Tilawah ?

💺 Jawab :

🏵 Untuk Sujud Tilawah di Luar Sholat :

▶️ Bagi Pembaca Ayat Sujud, Selesai Ayat itu Dibacakan, ia Kemudian segera Sujud, tanpa Diawali dengan Takbir dan Tidak Pula Diakhiri dengan Salam. Cukup dengan Satu Kali Sujud.

🌷 Cara Sujudnya Persis Sama dengan Cara Sujud dalam Sholat.

👍 Bagi yang Menyimak Bacaan, jika Sang Pembaca Sujud Tilawah, maka Disunnahkan Baginya untuk Sujud Tilawah juga. Sedangkan jika Sang Pembaca Tidak Sujud Tilawah, Maka Penyimak Juga Tidak Sujud Tilawah.

🍃 Dalilnya adalah Hadits Zaid bin Tsabit Radhiyallahu Anhu Riwayat Al-Bukhari dan Muslim Bahwa ketika Zaid Membacakan Surat AnNajm kepada Nabi, Nabi Tidak Sujud. (Asy-Syarhul Mumti’ (4/95).

🎁 Untuk Sujud Tilawah di Dalam Sholat :

🖼 Bertakbir Ketika Turun untuk Sujud maupun ketika Bangun dari Sujud.

🌹 Karena Nabi Shollallahu Alaihi Wasallam Dalam Sholat -sholatnya selalu Bertakbir setiap Turun atau Bangun.

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّهُ كَانَ يُصَلِّي بِهِمْ فَيُكَبِّرُ كُلَّمَا خَفَضَ وَرَفَعَ فَإِذَا انْصَرَفَ قَالَ إِنِّي لَأَشْبَهُكُمْ صَلَاةً بِرَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

🍃 Dari Abu Hurairah Radhiyallahu Anhu Bahwasanya Beliau Sholat bersama Orang-orang, Setiap kali Turun atau Bangkit Beliau selalu Bertakbir. Selesai Sholat, Beliau Berkata : Sesungguhnya Aku adalah Orang yang Paling Persis Sholatnya dengan Rasulullah Shollallahu Alaihi Wasallam bagi Kalian (H.R Al-Bukhari dan Muslim).

↪️ Kemudian Sujud Sekali dan Bangkit dengan Bertakbir.

🌸 Apakah Disyaratkan Saat Sujud Tilawah Harus Suci dari Hadats dan Menghadap Kiblat ?

💺 Jawab :

🌈 Untuk Sujud Tilawah di Luar Sholat, Tidak Ada Ketentuan Khusus Berdasarkan Dalil yang Shahih akan Keharusan Suci dari Hadats dan Menghadap Kiblat, Menurut Pendapat Al-Imam Asy-Syaukany Rahimahullah, Namun Tentunya Jika Bisa Suci dari Hadats dan Menghadap Kiblat Lebih Utama.
~~~~~~~~~~~~~~~~

📙 Dikutip dari Buku " FIQH BERSUCI DAN SHOLAT SESUAI TUNTUNAN NABI "

▶️ Al Ustadz Abu Utsman Kharisman Hafidzahullah.

=====================
http://telegram.me/alistiqomah
Pada 21.02.2016

Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Poskan Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Komentar dilarang mengandung link Website/Medsos/Email dan berbagai bentuk KONTAK PRIBADI
- Setiap komentar akan diMODERASI dan atas pertimbangan tertentu, kami berhak untuk tidak menampilkan komentar yang dikirim