Hisab Pada Hari Kiamat

HISAB PADA HARI KIAMAT
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖
✅ Hisab adalah Ditampakkannya Amal Perbuatan untuk Diingatkan pada Mereka Apa yang Pernah Dikerjakan, Namun Masih Belum Ditimbang antara Kebajikan dengan Keburukannya.
✌️ Ada 2 Jenis Hisab, yaitu :
 Hisab untuk Orang Beriman dan Hisab untuk Orang Kafir dan Munafiq. Perlakuan Hisab pada 2 Jenis ini Berbeda.
1⃣. Untuk Orang Beriman, Allah akan Menyendirikan Seorang yang Beriman dan Ditutup dari Pandangan Makhluk lain kemudian Allah ingatkan Dia akan Dosa-dosanya : Apakah Engkau ingat akan Dosa ini, apakah Engkau ingat akan Dosa ini. Seorang Beriman akan mengatakan : Ya, Wahai Tuhanku. Hingga Saat ia Merasa akan Binasa dengan Dosa-dosanya, Allah Menyatakan Kepadanya : Dulu di Dunia Aku telah Tutup (Dosamu) dari Pandangan Orang lain dan Kini Aku Ampuni Engkau.
 Sehingga Bagi orang Beriman dalam Hisab ia akan Mendapatkan : Ringannya Hisab (Tidak Ditunjukkan Amal secara Detail), Tertutupnya Proses Hisab itu dari Pandangan Orang Lain dan ia Akan Mendapatkan Ampunan dari Allah.
إِنَّ اللَّهَ يُدْنِي الْمُؤْمِنَ فَيَضَعُ عَلَيْهِ كَنَفَهُ وَيَسْتُرُهُ فَيَقُولُ أَتَعْرِفُ ذَنْبَ كَذَا أَتَعْرِفُ ذَنْبَ كَذَا فَيَقُولُ نَعَمْ أَيْ رَبِّ حَتَّى إِذَا قَرَّرَهُ بِذُنُوبِهِ وَرَأَى فِي نَفْسِهِ أَنَّهُ هَلَكَ قَالَ سَتَرْتُهَا عَلَيْكَ فِي الدُّنْيَا وَأَنَا أَغْفِرُهَا لَكَ الْيَوْمَ فَيُعْطَى كِتَابَ حَسَنَاتِهِ وَأَمَّا الْكَافِرُ وَالْمُنَافِقُونَ فَيَقُولُ الْأَشْهَادُ { هَؤُلَاءِ الَّذِينَ كَذَبُوا عَلَى رَبِّهِمْ أَلَا لَعْنَةُ اللَّهِ عَلَى الظَّالِمِينَ }
 Sesungguhnya Allah akan Mendekatkan Orang Beriman (KepadaNya), kemudian Meletakkan Penutup Untuknya. Kemudian Allah Bertanya Kepadanya : Apakah Engkau Mengetahui Perbuatan Dosa ini. Ia Mengatakan: Ya, Wahai Tuhanku. Sampai Ketika ia Mengakui Perbuatan Dosanya dan Melihat bahwa ia Akan Celaka, Allah Menyatakan : Aku Telah Menutup (Dosamu) di Dunia dan Aku Mengampunimu pada Hari ini. Kemudian, Diberikan Kepadanya Catatan Kebaikan-kebaikannya.
2⃣. Adapun Orang-orang Kafir dan Munafiq, para Saksi akan Berkata : « Inilah Orang-orang yang Berdusta atas Tuhan Mereka. Ingatlah Laknat Allah bagi Orang-orang yang Dzhalim (Q.S Huud:11) » (H.R Al-Bukhari no 2261 dan Muslim no 4972).
Untuk Orang-orang Beriman inilah Allah Berfirman :
فَسَوْفَ يُحَاسَبُ حِسَابًا يَسِيرًا
 Maka ia Akan Mengalami Hisab yang Mudah (Q.S al-Insyiqaq:8).
 Sebaliknya, Orang-orang Kafir akan Mendapatkan 3 Hal dalam Hisab :
1. Hisab yang Sulit (Hisab Secara Detail dan Mendalam serta Ditegur dengan Keras pada Setiap Proses).
2. Terbukanya Proses Hisab (Disaksikan para Makhluk lain) bahkan Dinampakkan Kehinaan untuk Mereka.
3. Kecelakaan untuk Mereka karena Selanjutnya Mereka akan Mendapat Adzab.
 Rasulullah Shollallahu Alaihi Wasallam Bersabda tentang Hisab untuk Orang-orang Kafir dan Munafiqin tersebut :
مَنْ نُوقِشَ الْحِسَابَ عُذِّبَ
 Barangsiapa yang Mendapat Hisab secara Mendalam dan Menyeluruh, Maka ia Diadzab (H.R al-Bukhari no 6055).
☝️ Sungguh Sangat Berat Hisab yang Dirasakan oleh Orang Kafir, Hingga Mereka Meminta kepada Allah : Wahai Tuhanku, Beri Aku istirahat, Meskipun ke Neraka.
إِنَّ الْكَافِرَ لَيُحَاسَبُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ يُلْجِمُهُ الْعَرَقُ ، حَتَّى إِنَّهُ لَيَقُولُ : يَا رَبِّ ، أَرِحْنِي وَلَوْ إِلَى النَّارِ
 Sesungguhnya Orang Kafir akan Dilakukan Hisab Terhadapnya pada Hari Kiamat hingga ia Tenggelam hingga Mulut oleh Keringat. Sampai-sampai ia berkata: Wahai Tuhanku, Berilah Aku istirahat Meski ke Neraka (H.R Abu Ya’la, Dishahihkan oleh Ibnu Hibban dan Al-Mundziri Menyatakan bahwa Sanadnya Jayyid).
 Pelaksanaan Hisab itu Berlangsung Cepat Bagi Allah.
 Sebagian Ulama Menjelaskan bahwa Allah Melakukan Proses Hisab untuk Seluruh Makhluk dalam Satu Waktu (Sesaat).
 Allah Paling Cepat Pelaksanaan Hisabnya, Tidak Ada yang Mampu Seperti itu.
...وَهُوَ أَسْرَعُ الْحَاسِبِينَ
 Dan Dia (Allah) yang Paling Cepat Hisab (Perhitungan)Nya… (Q.S al-An’aam:62).
~~~~~~~~~~~~~~~~
▶️ Al Ustadz Abu Utsman Kharisman Hafidzahullah.
=====================
http://telegram.me/alistiqomah
Pada 20.02.2016

Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Poskan Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Komentar dilarang mengandung link Website/Medsos/Email dan berbagai bentuk KONTAK PRIBADI
- Setiap komentar akan diMODERASI dan atas pertimbangan tertentu, kami berhak untuk tidak menampilkan komentar yang dikirim