Definisi, Hukum, dan Keutamaan Sujud Tilawah

📐💐 SUJUD TILAWAH

🔰 Apa yang Dimaksud dengan Sujud Tilawah ?

💺 Jawab :

🌈 Sujud yang Dilakukan karena Membaca atau Menyimak (Bukan Sekedar Mendengar) Ayat-ayat Sujud (Sajdah) dalam Al-Quran.

🌠 Sujud Tilawah Bisa Dilakukan di Dalam maupun di Luar Sholat.

☝️ Apakah Hukum Sujud Tilawah?

💺 Jawab :

💠 Hukumnya Sunnah bukan Kewajiban.

🌷 Zaid bin Tsabit Radhiyallahu Anhu Pernah Membacakan di Hadapan Nabi Surat AnNajm yang terdapat Ayat Sujud, namun Nabi Tidak Sujud (H.R al-Bukhari).

🌻 Demikian juga Umar Radhiyallahu Anhu Pernah Berkhutbah Jumat dan Membaca Surat AnNahl, Ketika sampai Ayat Sujud Beliau Turun dari Mimbar kemudian Sujud dan Para Sahabat Lain juga Sujud. Jumat berikutnya, Beliau Membaca lagi Ayat Sujud, tapi Beliau Tidak Sujud. Beliau Berkata :

يَا أَيُّهَا النَّاسُ إِنَّا نَمُرُّ بِالسُّجُودِ فَمَنْ سَجَدَ فَقَدْ أَصَابَ وَمَنْ لَمْ يَسْجُدْ فَلَا إِثْمَ عَلَيْهِ

🍃 Wahai Sekalian Manusia, Sesungguhnya Kita Melewati (Ayat) Sujud. Barangsiapa yang Sujud maka ia Mendapat Pahala dan Barangsiapa yang Tidak Sujud maka Tidak Ada Dosa Baginya. (H.R al-Bukhari).

🍂 Apakah Keutamaan Khusus Sujud Tilawah ?

💺 Jawab :

🎯 Sujud Tilawah Menghinakan Syaithan (Musuh Utama Kita) dan Menyebabkan mereka Menangis. Kita Diperintah untuk Membuat Syaithan Sengsara dan Tidak Gembira.

إِذَا قَرَأَ ابْنُ آدَمَ السَّجْدَةَ فَسَجَدَ اعْتَزَلَ الشَّيْطَانُ يَبْكِي يَقُولُ يَا وَيْلَهُ (وَفِي رِوَايَةِ أَبِي كُرَيْبٍ) يَا وَيْلِي أُمِرَ ابْنُ آدَمَ بِالسُّجُودِ فَسَجَدَ فَلَهُ الْجَنَّةُ وَأُمِرْتُ بِالسُّجُودِ فَأَبَيْتُ فَلِي النَّارُ

🍃 Jika Anak Adam Membaca Ayat Sajdah kemudian Sujud Syaithan akan Menyingkir dan Menangis. Ia berkata : Duhai Celaka (dalam Riwayat Abu Kuraib : Duhai Celaka Aku), Anak Adam Diperintah Sujud ia Mau Sujud sehingga Baginya Surga dan aku Diperintah Sujud Menolak, maka Bagiku Neraka. (H.R Muslim dari Abu Hurairah).

🌏 Sedangkan Keutamaan lain adalah Keutamaan Umum Sujud yaitu Perintah Nabi untuk Memperbanyak Sujud bagi Orang yang ingin Dekat dengan Beliau nanti di Surga. (H.R Muslim dari Robiah bin Ka’ab Al-Aslamy). Demikian juga dengan Keutamaan Satu Kali Sujud Menghapus Satu Dosa dan Meningkatkan Satu Derajat (H.R Muslim dari Tsauban).

~~~~~~~~~~~~~~~~

📙 Dikutip dari Buku " FIQH BERSUCI DAN SHOLAT SESUAI TUNTUNAN NABI "

▶️ Al Ustadz Abu Utsman Kharisman Hafidzahullah.

=====================
http://telegram.me/alistiqomah
Pada 21.02.2016

Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Poskan Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Komentar dilarang mengandung link Website/Medsos/Email dan berbagai bentuk KONTAK PRIBADI
- Setiap komentar akan diMODERASI dan atas pertimbangan tertentu, kami berhak untuk tidak menampilkan komentar yang dikirim