Apa Saja Tempat-Tempat yang Terlarang untuk Ditegakkan Sholat

Apa Saja Tempat-Tempat yang Terlarang untuk Ditegakkan Sholat?
 Jawab :
☀️ Ada 5 Tempat yang Dilarang untuk Mengerjakan Sholat :
1⃣. Pekuburan.
▶️ Tidak Sah Sholat di Areal Pekuburan kecuali Sholat Jenazah. Kalau Sholat Jenazah, Nabi Pernah Sholat Jenazah di Kubur Seorang Wanita yang Pada saat Dimakamkan Nabi Tidak Tahu. Beliau kemudian Menuju Kuburnya dan Mensholatkan Jenazah di sana. (H.R Al-Bukhari).
⛔️ Sedangkan untuk Sholat yang lain Tidak Diperbolehkan Sholat di Areal Pekuburan.
الْأَرْضُ كُلُّهَا مَسْجِدٌ إِلَّا الْحَمَّامَ وَالْمَقْبَرَةَ
 Bumi Seluruhnya adalah Masjid (Tempat Sholat) kecuali Kamar Mandi dan Pekuburan. (H.R Abu Dawud, AtTirmidzi, Ibnu Majah, Dishahihkan Al-Hakim, Disepakati Adz-Dzahaby, dan Ibnu Hajar Mengisyaratkan Keshahihannya dalam AtTalkhiishul Habiir).
2⃣. Kamar Mandi.
3⃣. Kandang Unta.
▶️ Tidak Boleh Sholat di Kandang Unta, karena Nabi Melarangnya.
عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ مُغَفَّلٍ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نَهَى عَنْ الصَّلَاةِ فِي أَعْطَانِ الْإِبِلِ
 Dari Abdullah bin Mughoffal bahwasanya Rasulullah Shollallahu Alaihi Wasallam Melarang dari Sholat di Tempat Penambatan (Kandang) Unta. (H.R AnNasaai).
⏩ Sedangkan Kandang Kambing Tidak Mengapa Dijadikan Tempat Sholat. Sebagaimana Sebelum Dibangun Masjid, Tempat Sholat Nabi dan Para Sahabat di Madinah adalah di Kandang Kambing.
عَنْ أَنَسٍ قَالَ كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُصَلِّي قَبْلَ أَنْ يُبْنَى الْمَسْجِدُ فِي مَرَابِضِ الْغَنَمِ
 Dari Anas Radhiyallahu Anhu Beliau Berkata : Nabi Shollallahu Alaihi Wasallam Sholat di Kandang Kambing Sebelum Dibangun Masjid. (H.R Al-Bukhari no 227 dan Muslim no 817).
لَا تُصَلُّوا فِي عَطَنِ الْإِبِلِ فَإِنَّهَا مِنَ الْجِنِّ خُلِقَتْ أَلَا تَرَوْنَ عُيُونَهَا وَهِبَابَهَا إِذَا نَفَرَتْ وَصَلُّوا فِي مُرَاحِ الْغَنَمِ فَإِنَّهَا هِيَ أَقْرَبُ مِنْ الرَّحْمَةِ
 Janganlah Sholat di Kandang Unta karena ia Tercipta dari Jin (Syaithan), Tidakkah Kalian Melihat Mata dan Hembusan Nafasnya Jika Berlari. Dan Sholatlah di Kandang Kambing karena itu Lebih Dekat pada Rahmat. (H.R Ahmad dari Abdullah bin Mughoffal, Dinyatakan Sanadnya Shahih oleh Asy-Syaukaany dalam Nailul Authar (2/140).
Nabi Menjelaskan Sebab Larangan Sholat di Kandang Unta adalah Karena ia Tercipta dari Jin (Syaithan).
 Sebagian Ulama Menafsirkan Makna Hadits tersebut Bahwa Unta memiliki Tabiat Syaithan.
4⃣. Tempat Najis.
5⃣. Menghadap ke Kubur.
▶️ Tidak Boleh Sholat di Tempat yang Langsung Menghadap ke Kubur.
لَا تُصَلُّوا إِلَى الْقُبُورِ وَلَا تَجْلِسُوا عَلَيْهَا
 Janganlah Sholat Menghadap ke Arah Kubur dan Jangan Duduk di Atasnya. (H.R Muslim dari Abu Martsad Al-Ghonawy).
 Poin-poin Pembahasan Disarikan dari Penjelasan Syaikh Ibnu Utsaimin Rahimahullah dalam Asy-Syarhul Mukhtashar Ala Bulughil Maram (3/40-41).
~~~~~~~~~~~~~~~~
 Dikutip dari Buku " FIQH BERSUCI DAN SHOLAT SESUAI TUNTUNAN NABI "
▶️ Al Ustadz Abu Utsman Kharisman Hafidzahullah.
=====================
http://telegram.me/alistiqomah
Pada 25.02.2016

Postingan terkait: