[AUDIO] Kun Salafiyyan 'alal Jaddah (Jadilah Seorang Salafy Sejati) - Ustadz Muhammad 'Umar as Sewed

Kun Salafiyyan 'alal Jaddah (Jadilah Seorang Salafy Sejati) - Ustadz Muhammad 'Umar as Sewed
DOWNLOAD E- BOOK gratis pdf kitab Kun Salafiyan 'Alal Jaaddah (bahasa 'Arab)
Berikut kami sajikan link download MP3 rekaman ceramah kajian tentang manhaj salaf oleh pemateri al-Ustadz Muhammad 'Umar as Sewed hafizhahullah. Pembahasan kitab “Kun Salafiyan ‘Alal Jaddah (Jadilah Seorang Salafi Sejati)” karya Asy-Syaikh DR. Abdussalam bin Salim as-Suhaimi hafizhahullah.
Kajian dimulai pada tanggal 28 dzulhijjah 1434H (02/11/2013) dan telah selesai pada tanggal 3 rabi'uts tsani 1436H (25/01/2015) bertempat di MASJID AL MUJAHIDIN, Jalan Anggrek Nelimurni VII, Slipi, Jakarta Barat (Seberang Rumah Sakit Harapan Kita).
Cara download : klik kanan >> save link as

hal 045-Muqaddimah Kitab Kun Salafiyyan ' alal Jaaddah
*Sabtu, 28 dzulhijjah 1434H (02/11/2013)
Bagaimana menjadi salafi yang sejati/sebenarnya, yaitu hendaknya engkau menjadi salafi dengan menjalani jalan salaf. Jangan sampai salafi hanya menjadi sekedar pengakuan saja sehingga membuat kaum muslimin menjadi bingung.
Apakah manhaj salaf dan siapakah yang pantas disebut sebagai salafi?

Sebagian besar kaum muslimin saat ini mengerti bahwa manhaj salaf adalah manhaj yang haq. Namun ketika hendak mengikutinya, sebagain besar mereka tidak mengerti siapa yang benar-benar mengajak kepada manhaj salaf, siapa yang berjalan pada dakwah salafiyyah, dan siapa yang hanya mengaku-ngaku salafi saja.

Ahlussunnah wal jama'ah merupakan golongan yang pertengahan diantara golongan sesat dan mnenyimpang dalam Islam sebagaimana Islam merupakan agama yang pertengahan diantara agama samawi lainnya (Yahudi dan Nasrani).
Bagaimana sikap pertengahan dan sikap bijak yang benar menurut Islam?
Siapakah yang sudah dipastikan sebagai ahlussunnah wal jama'ah itu? Mengapa ada istilah ahlussunnah wal jama'ah dan kapan munculnya istilah ahlussunnah wal jama'ah itu?

Apakah penamaan salafi adalah merupakan suatu bid'ah?
Mengapa ada istilah salafi dan bagaimana sejarah penggunaan nama salafi itu?
Mengapa golongan ahlussunnah wal jama'ah menggunakan istilah salafy?
Bagaimana ahlussunnah wal jama'ah memahami Al Quran dan Hadits?
hal 048-Lanjutan Muqaddimah
*Sabtu, 28 dzulhijjah 1434H (02/11/2013)
Allah memerintahkan kaum muslimin untuk mengikuti jalannya para sahabat Rasulullah.
Kajian al-Qur'an Surat Luqman ayat 15 dan Surat at Taubah ayat 100
Syar'inya penamaan salafi dan bid'ahnya penamaan golongan-golongan sesat lainnya.

Siapakah yang dikatakan salafi? Bagaimana dakwah salafi itu?
Bolehkah seseorang menisbahkan diri kepada salaf meskipun dia belum menjalankan Islam secara sempurna?

Para imam ahlussunnah, para imam madzhab selalu menganjurkan dan mewajibkan untuk kembali kepada sunnah dan pemahaman salaf.
Siapa pencetus dakwah salafi? Benarkah pencetus dakwah salaf adalah Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah? Benarkah pencetus dakwah salaf adalah Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab? Apakah salafi itu sama dengan Wahabi?

Benarkah salafi itu merasa paling benar sendiri atau ingin menang sendiri ketika menjelaskan berbagai penyimpangan yang ada pada kelompok/golongan sesat lainnya?
Apakah salafi merupakan golongan/firqah/jama'ah baru dalam Islam dan sama saja dengan berbagai kelompok/golongan/jama'ah lainnya?

Hal-hal yang menunjukkan bahwa Kerajaan Arab Saudi merupakan daulah salafiyyah.
Mengapa banyak serangan berupa berita-berita yang zalim dan menjelekkan kepada Islam secara umum dan kepada Kerajaan Arab Saudi secara khusus?
Apa yang menyebabkan kabur dan kotornya gambaran indah dakwah salafiyyah?
Yang menjadi fitnah dan masalah adalah karena pada dakwah salafiyyah melekat padanya orang-orang yang bukan dari mereka serta menisbatkan diri dengan dakwah salaf, orang-orang yang tidak berjalan di atas manhaj salaf.
hal 052-Pihak yang Mengaku Salafi Namun Tidak Berada di Atas Manhaj Salaf
*Sabtu, 28 dzulhijjah 1434H (02/11/2013)
Lanjutan tentang pihak yang menisbatkan kepada salaf tetapi dia bukan berada di atas manhaj salaf.
Apa yang menyebabkan manusia lari dari dakwah salafiyyah dan enggan untuk menerima dakwah salafiyyah?
Diantara faktor terbesar yang menyebabkan terjadinya hal tersebut adalah karena munculnya jama'ah hizbiyyah yang sebagian mereka terpengaruh dengan pemikiran khawarij. Sebagian tokoh-tokoh yang memiliki pemikiran khawarij mengatasnamakan kelompoknya dengan salafi. Bahkan ada salah satu kelompok yang menamakan diri dengan salafi jihadi.
Bagaimana mungkin kelompok tersebut dikatakan salafi padahal mereka menyelisihi dakwah salafiyyah dan prinsip salaf dalam bersikap terhadap pemerintah? Bagaimana mungkin mereka dikatakan salafi jihadi padahal kenyataannya jihad yang bermakna syar'i tidak ada pada mereka?
Maka yang teranggap adalah hakikat dan makna yang terkandung padanya bukan sekedar dengan namanya. Oleh karena itu, hendaklah kita memperhatikan dengan teliti dan jeli, jangan sampai tersamarkan oleh kita antara yang haq dan yang bathil.
 
Sesi Tanya Jawab
- Bagaimana menyikapi orang yang alergi terhadap manhaj? Karena ada sebagian orang yang mengatakan: "Kalau sibuk mengurusi manhaj, kapan belajarnya?"
- Apa hukumnya sistem perdagangan Multi Level Marketing (MLM)?
- Apa hukumnya arisan barang, uang? Mohon jelaskan apakah termasuk riba atau bukan?
- Apakah telinga yang kemasukan air dapat membatalkan puasa?
- Apakah ada fatwa 'ulama terkait hukum para wanita khususnya salafiyyah di Indonesia yang mengendarai sepeda motor atau mobil?
- Diantara syarat-syarat sah wali nikah adalah Islam. Bagaimana jika wali (ayahnya) merupakan dukun kyai paranormal yang praktek perdukunannya banyak melakukan berbagai kesyirikan. Apakah masih sah sebagai wali nikah?
- Ada seseorang yang memiliki pemahaman khawarij tapi tidak mau disebut khawarij. Malah menyatakan diri menuju ke salaf. Apa ciri-ciri pemahaman khawarij? Apakah kita tidak boleh mengucapkan kamu khawarij kepada fulan atau fulanah yang sudah jelas-jelas khawarij?
- Bagaimana sikap kita terhadap ustadz yang tinggal di sekitar masjid Al Muhajirin wal Anshar (AMWA) yang akrab dengan Jafar Shalih? Apakah mereka sama dengan Jafar Shalih?

hal 060-Definisi as Sunnah dan Penamaan penamaan Syar'i bagi Ahlussunnah wal Jama'ah
*Sabtu, 24 Shafar 1435H (28 desember 2013) 
Apa makna as sunnah baik secara bahasa maupun secara istilah?
Secara bahasa, as sunnah berarti thariqah, tata cara, jalan, sama saja apakah yang baik atau yang jelek.

Makna as sunnah secara istilah
A. Menurut Ahli Hadits, as sunnah berarti apa yang diambil dari nabi berupa ucapan, perbuatan, atau sifatnya (akhlaq dan bentuk/rupa) atau sirah, baik sebelum atau sesudah diutus sebagai nabi.
B. Menurut ulama Ushul, as sunnah berarti segala yang dinukil dari nabi apa-apa yang tidak dinashkan dalam al Qur'an, baik merupakan syarah/penjelasan terhadap al Qur'an maupun bukan.
C. Menurut ulama fiqih, sunnah berarti apa yang hukumnya bukan wajib, bukan haram dan bukan makruh
Apa manfaat mengetahui definisi sunnah menurut masing-masing istilah? 

Sementara itu, definisi sunnah menurut kebanyakan 'ulama salafus shaleh lebih luas daripada ketiga definisi di atas, yaitu segala sesuatu yang mencocoki qur'an dan sunnah dan mencocoki apa yang dipahami para sahabat Rasulullah baik dalam masalah aqidah atau ibadah dan lawannya adalah bid'ah.

Penamaan-penamaan yang Syar'i Terhadap Ahlussunnah
Menurut bahasa ahlu syai' adalah orang yang paling khusus dalam hal tersebut. Maka ahlussunnah adalah orang yang memperhatikan, berpegang dengan sunnah dan paling mengikuti sunnah baik dengan ucapan, perbuatan, dan keyakinan.
Maka ahlussunnah adalah para sahabat Rasulullah karena mereka adalah yang menerima langsung prinsip-prinsip aqidah dan prinsip-prinsip 'ibadah dari Rasulullah, maka mereka adalah yang paling mengerti, mengetahui dan paling mengikuti terhadap sunnah daripada yang setelahnya. Kemudian ahlussunnah adalah tabi'in dan tabi'ut tabi'in.
Dan yang termasuk ahlussunnah adalah yang meniti jejak mereka dengan baik pada zaman kapanpun dan tempat manapun serta pemuka-pemuka mereka adalah para 'ulama ahlul hadits wal atsar.
Apakah khawarij, murji'ah, jama'ah tabligh, ikhwanul muslimin, dan firqah-firqah lainnya adalah termasuk ahlussunnah?

Para hizbiyyun mendefinisikan ahlussunnah dengan prinsip-prinsip bid'ah.
Nama ahlusssunnah juga digunakan oleh kelompok-kelompok sesat tetapi yang menjadi ibrah adalah pada hakekatnya dan bukan pada penamaannya.
Sururi juga mengaku sebagai ahlussunnah. Ghuluwnya Yusuf Utsman Baisa (sururiyyin Indonesia) terhadap Safar al Hawali yang dikatakan sebagai Ibnu Taimiyah abad 20.

Ketika muncul sekian banyak kesesatan dan masing-masing mengajak kepada kebid'ahannya tetapi dengan penisbatan mereka kepada Islam, maka saat itu ahlul haq perlu memiliki satu ciri khas berupa istilah khusus yang bisa membedakan mereka dengan ahlul bid'ah yang menyimpang. Maka muncul istilah-istilah penamaan yang menunjukkan ahlussunnah yang sesungguhnya.
- Ahlussunnah wal jama'ah. Bagaimana penamaan ahlussunnah wal jama'ah muncul?
- Al Firqatun Najiyyah (golongan yang selamat)
- Thaifah al Manshurah (golongan yang ditolong)
- Ahlul hadits wal atsar, karena tidak mungkin kita mengikuti sunnah nabi dan para sahabat Rasulullah melainkan dengan sanad dari para ahlul hadits.
 -Salafiyyun

Kasihannya para politikus karena ingin mendapatkan ridha dari semua golongan.
Mereka bermanhaj tamyi' yang ingin meleburkan para ahlu bid'ah. Para politikus yang menaungi ahli bid'ah malah memusuhi para 'ulama yang dianggap keras.

Jawaban atas syubhat: Tidak perlu pakai nama-nama baru/bid'ah. Cukup dengan nama muslimin.
Adnan ar'ur yang diidolakan Ali Hasan al Halaby menganggap penamaan salafi itu bid'ah.

Penamaan ahlu bid'ah tidak sama dengan ahlussunnah, sebagai berikut:
1. Bisa jadi merupakan penisbatan kepada orang tertentu atau pencetusnya seperti Jahmiyyah, Asy'ariyyah, atau
2. Dikembalikan kepada ushul/prinsip bid'ah mereka seperti Rafidhah, Nawashib, Qadariyyah, Shufiyyah, Bathiniyyah, Murji'ah (kesesatan dalam irja', yaitu memisahkan amal dengan keimanan), atau
3. Sebab keluarnya dari sunnah seperti  Khawarij (khuruj terhadap amirul mu'minin), Mu'tazilah
hal 066-Keistimewaan Penamaan Ahlussunnah & Definisi Penamaan Ahlussunnah
*Sabtu, 24 Shafar 1435H (28 desember 2013) 
Keistimewaan penamaan-penamaan ahlussunnah dibandingkan penamaan ahlul bid'ah
- Penamaan ahlussunnah mencakup seluruh kaum muslimin yang berada di atas Islam yang haq. Berbeda dengan penamaan ahlul bid'ah yang hanya mencakup kelompok tertentu.
- Penamaan ahlussunnah mencakup seluruh bagian-bagian agama (dalam ibadah, aqidah, suluk, akhlaq, mu'amalah). Tidak mengkhususkan yang satu dan mengenyampingkan bagian yang lain.
- Nama-nama tersebut diambil dari dalil-dalil seperti nash-nash kitab dan sunnah
- Diikatnnya al wala (loyalitas) dan al baro (sikap berlepas diri) tidak diatas penamaan-penamaan tertentu, tetapi di atas makna Islam yang hakiki.
- Nama ahlussunnah tidak ada yang mengajak untuk ta'ashub (fanatik buta) kepada orang atau tokoh tertentu kecuali hanya kepada Rasulullah
- Penamaan ahlussunnah tidak membawa kepada kebid'ahan dan maksiat dan tidak pula ashobiyah.

Definisi penamaan-penamaan ahlussunnah
1. Ahlussunnah wal jama'ah
 Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah berkata bahwasanya sunnah selalu beriringan dengan jama'ah sebagaimana bid'ah selalu beriringan dengan perpecahan.
Persatuan yang hakiki bukanlah persatuan yang semu (berbeda-beda tetapi tetap satu), melainkan kebersamaan di atas prinsip-prinsip ahlussunnah. Karena setiap kali kebid'ahan dikerjakan, maka pasti muncul perpecahan.

Ahlussunnah wal jama'ah memiliki 2 keistimewaan yang zhahir dan bathin
-  Mereka berpegang dengan sunnah sehingga mereka dijuluki sebagai ahlinya
- Mereka adalah yang selalu bersama jama'ah karena mereka bersatu di atas kebenaran (persatuan yang hakiki)
Bagaimana persatuan yang semu dikatakan bukanlah persatuan, melainkan menunda perpecahan?

Ahlussunnah wal jama'ah adalah setiap orang yang berpegang dengan Kitabullah dan Sunnah Rasulullah dan apa yang disepakati (ijma') oleh para sahabat rasulullah dan para tabi'in.

2. Ahlul Hadits
Maknanya adalah mereka yang berpegang dengan hadits-hadits yang shahih.
Imam as Shobuni mengatakan bahwa mereka adalah yang berpegang dengan kitab dan sunnah. Mereka mempersaksikan untuk Allah dengan keesaan sebagaimana mereka mempersaksikan untuk Rasulullah dengan risalah dan kenabian.
Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah berkata bahwa ahlul hadits adalah mereka yang sangat mementingkan dan menjaga hadits, memahaminya serta mengikutinya secara zhahir dan bathin.

3. Al Atsariyyah atau Ahlul Atsar
Atsar secara istilah adalah persamaan kata dengan hadits. Sementara secara bahasa, atsar berarti jejak-jejak, peninggalan.
Ahlul atsar adalah golongan yang mengambil aqidah hanya dari apa yang didapatkan dari Allah atau dari Sunnah Nabi-Nya atau apa yang shahih riwayatnya dari para sahabat Nabi dan tabi'in.

4. Al Firqatun Najiyah
Al Firqatun Najiyah adalah golongan yang selamat dari api neraka.
Bolehkah kita menta'yin bahwa ahlussunnah pasti masuk surga?
Bolehkah mempersaksikan bahwa seseorang (si fulan) masuk surga atau masuk neraka?

5. At thaifah al manshurah (golongan yang ditolong)
Apakah bukti bahwa ahlussunnah selalu dimenangkan oleh Allah?

6. Salafiyyun
Salaf secara bahasa merupakan bentuk jamak dari salif, yang berarti pendahulu.
hal 071-Sesi Tanya Jawab
*Sabtu, 24 Shafar 1435H (28 desember 2013) 
 -  Apakah perselisihan para ustadz salafy hanya terjadi di Indonesia saja?Bagaimana supaya semangat lagi untuk ta'lim?
Bolehkah mengambil ilmu dari ustadz yang telah ruju' dari penyimpangan karena paksaan dari para ikhwan?
- Benarkah anggapan bahwa dengan kita mempelajari manhaj secara mendalam akan membuat hati kita menjadi keras dan kaku?
- Apakah perselisihan yang terjadi antara salafiyyin dengan kafilah Dzulqarnain adalah masalah pribadi antara ustadz Luqman Ba'abduh dengan Dzulqarnain?
- Mengkaji kitab ini ana menjadi teringat dengan kajian kitab Irsyadul Bariyyah. Apa keistimewaan kitab ini dibandingkan dengan kitab Irsyadul Bariyyah?
- Apakah boleh mengambil ilmu dari ustadz Abdul Barr? Karena di masjid di lingkungan kami masih ada kajian beliau?
- Bolehkah mengambil ilmu pada ustadz Dzul Akmal? Apakah tahdzir ustadz Luqman Ba'abduh kepada ustadz Dzul Akmal disebabkan karena permasalahan pribadi?
- Jika ustadz Dzulqarnain sudah bertaubat dengan taubatan nasuha dan ruju' dari kesalahannya, apakah anda dan asatidzah yang berafiliasi dengan majalah Asy Syari'ah bersedia berta'awun dengan?
- Apakah boleh ana bekerja mengajar di sekolah umum dimana peraturan seragam guru harus memakai celana pantalon isbal? Bagaimana pandangan menurut syari'at Islam? Sementara ijazah S1 saya berlatar belakang pendidikan umum?
- Mohon nasehatnya tentang sekolah An Nash? Apakah disana guru dan pembinanya tsiqah di atas manhaj salafy? Sebab yang kami dengar termasuk muqallid ustadz Dzulqarnain?
- Apakah dengan adanya tahdzir Syaikh Rabi' terhadap ustadz Dzulqarnain, apakah dikatakan ustadz Dzulqarnain hizby?
- Bagaimana dengan nasehat Syaikh Abdurrahman al Adeni yang dinukil oleh ustadz Abdul Barr bahwa beliau mengkhawatirkan ustadz Luqman Ba'abduh dalam mengemban dakwah di Indonesia?
- Dulu Ja'far Shalih dalam membela radio Rodja melontarkan "jama'ah tahdzir terus menggembosi dakwah tauhid", sekarang Firanda menggunakan kata yang sama yaitu jama'ah tahdzir, bagaimana pendapat ustadz?
- Apa aqidah dan manhaj ustadz Dzul Akmal?
- Apakah benar perkataan berikut: Lebih baik orang awam mendapatkan cahaya yang tercampur dengan kegelapan (redup) daripada tidak mendapatkan cahaya sama sekali dalam manhaj?
- Bagaimana sikap kita terhadap Jafar Umar Thalib dan ikhwan yang mendukung dakwah beliau?
- Apa nasehat ustadz terhadap radio Syiar Tauhid yang semalam menyiarkan kajian ustadz di masjid Fatahillah namun pada saat sesi tanya jawab tidak disiarkan? 
- Bagaimana nasehat ustadz jika sudah terlanjur sekolah di Al Madinah Grenjeng Solo?
- Bagaimana penilaian ustadz terhadap ustadz Luqman Ba'abduh dan ustadz Dzulqarnain?
- Di tempat kami tinggal terdapat ustadz yang belum lama pulang dari Yaman, murid Syaikh Yahya al Hajury. Apakah boleh belajar dari beliau dimana disitu juga bercampur dengan orang yang belajar dari ustadz ustadz radio Rodja?
- Apa tanggapan ustadz (Muhammad Umar as Sewed) terhadap tulisan Abdul Barr?
- Apakah perkataan ini benar datangnya dari ulama salaf: "Orang yang berakal itu pandai memilih antara dua kejelekan kemudian memilih satu kejelekan yang paling ringan dan memilih antara dua kebaikan kemudian memilih satu kebaikan yang paling baik?"
- Apakah benar "hikmah dalam berdakwah" adalah berarti lemah lembut?

hal 072-Definisi Salaf dan Wajibnya Menampakkan Madzhab Salaf
*Sabtu, 23 Rabi'ul Awwal 1435H (25 januari 2014)
Definisi penamaan salaf dan siapakah yang dimaksud salaf itu secara istilah?
Secara istilah, ada beberapa pendapat tentang definisi salaf:
- mereka adalah para sahabat rasulullah saja
- mereka adalah para sahabat rasulullah dan para tabi'in
- mereka adalah para sahabat rasulullah, tabi'in serta tabi'ut tabi'in
- orang-orang yang hidup sebelum 500 tahun dan menganggap bahwa salaf adalah mazhab yang dibatasi oleh waktu.
Makna salaf secara istilah tidak hanya terikat dengan batasan waktu namun juga terikat dengan sifat, sehingga salaf secara istilah adalah mereka yang hidup di masa para sahabat Rasulullah, tabi'in, dan tabi'ut tabi'in yang mencocoki al Quran dan Sunnah.

Imam as Saffarini berkata: Mazhab salaf adalah apa yang ada padanya para sahabat Rasulullah, dan apa yang ada di atasnya para tabi'in dan tabi'ut tabi'in yang mengikuti para sahabat dengan ihsan serta para imam yang dipersaksikan dengan keimaman, dikenal kedudukannya dalam agama, dan ucapannya diterima dari salafnya. Bukan mereka-mereka yang sudah tertuduh dengan kebid'ahan-kebid'ahan dan yang dijuluki dengan sifat yang tidak diridhai seperti khawarij, syi'ah rafidhah, qadariyah, murji'ah, jabbariyyah, jahmiyyah, mu'tazilah dan yang sejenis dengan mereka.

Bab: Menampakkan Madzhab Salaf dan Penjelasan Bagaimana Sikap Mereka Terhadap Ahlul Bid'ah
Butuhnya diterangkan mengenai manhaj salaf agar orang awam mengetahui bahwa yang menyelisihinya berarti bukan madzhab salaf.

Bolehnya menisbahkan diri dengan salafi dan menjuluki seseorang sebagai salafi.
Bahwa yang dakwah mengajak untuk kembali kepada salaf adalah dakwah yang mengajak kepada Islam yang haq dan merupakan dakwah yang merngajak untuk kembali kepada Islam yang diturunkan kepada Nabi Muhammad.

Sebagian besar dakwah di Indonesia pada zaman ini adalah mengajak kepada ra'yu.
Apa perkara yang paling penting dalam dalam dakwah di Indonesiasaat ini?
Perkara yang sangat penting saat ini dalam dakwah di Indonesia adalah kembali kepada salaf dalam memahami al Qur'an dan Sunnah.
Bukti bahwasanya penyakit yang ada dalam umat ini adalah bahwa al Qur'an dan Sunnah saja tidaklah cukup karena mereka memahaminya dengan salah. Hal ini disebabkan sebagian besar umat Islam tidak memahami manhaj.
Manakah yang lebih penting antara manhaj atau aqidah?

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah berkata dalam Majmu' Fatawa: Tidak ada aib untuk menampakkan dan menisbatkan kepada madzhab salaf bahkan wajib menerima yang demikian karena tidak ada pada madzhab salaf kecuali kebaikan.
Syubhat dari hizbiyyah yang tidak mau menamakan diri dengan salafy karena khawatir dakwahnya tidak diterima sehingga mengurangi jumlah pengikutnya dengan menggunakan dalil hadits
بشروا ولاتنفروا
“Berilah kabar gembira dan jangan membuat lari.” [H.R. al-Bukhari dari shahabat Anas bin Malik --radhiyallahu ‘anhu--]
Tuduhan kepada para da'i salafy yang dianggap membuat lari manusia.

Jawaban Syaikh bin Baz atas pertanyaan: "Apakah orang yang menamakan diri dengan salafi/atsary termasuk tazkiyah atau penyucian diri yang dilarang?"
Jawaban Syaikh al Albani atas pertanyaan: "Apakah yang dimaksud salaf? Apakah kita harus mengikuti dan berpegang dengan manhaj mereka?" 
hal 082-Bolehnya Menisbatkan kepada Salaf
*Sabtu, 23 Rabi'ul Awwal 1435H (25 januari 2014)
Para ulama mengatakan tidak mengapa untuk menyebutkan istilah salaf, salafiyyah, salafiyyun dan yang dimaksud dengan istilah salaf adalah mereka-mereka yang berjalan di atas manhaj salaf.
Penulis-penulis masa kini yang menulis tentang kelompok-kelompok menganggap bahwa salafiyyun adalah sekelompok orang tertentu yang mengikuti para imam-imam mereka. Biasanya para penulis menganggap bahwa pendiri madzhab salaf adalah Imam Ahmad bin Hambal, kemudian diperbarui oleh Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah, dan selanjutnya diteruskan oleh Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab.
Para imam dan 'ulama ahlussunnah dari zaman terdahulu sampai dengan masa sekarang tidak ada yang mengingkari atau membantah istilah dan penamaan salaf.

Sesi Tanya Jawab:
- Apakah boleh berdoa dalam sujud yang lafadznya dari al-Qur'an? Ada anjuran untuk berdo'a saat sujud, namun ada pula larangan untuk membaca al Qur'an ketika sujud. Bagaimana kalau saya berdoa, namun lafadznya dari al Qur'an?
- Apakah salah satu syarat rujuk harus menyatakannya di depan umat?
- Bagaimana dengan ustadz Faishol dari Medan? Apakah dia bersama kita (salafy)?   

hal 084-Beberapa Dalil Wajibnya Mengikuti Salafus Shalih
*Sabtu, 21 Rabi'ul Akhir 1435H (22 februari 2014)
Bab Wajibnya Berpegang dengan Madzhab Salaf
Mengapa kita wajib mengikuti para sahabat Rasulullah dalam beragama?
Dalil - dalil dari Al Qur'an dan hadits yang menunjukkan wajibnya mengikuti para sahabat Rasulullah.
Kajian al Qur'an surat Luqman ayat 15 
.....

Bab Manhaj Salaf dalam Aqidah
Bagaimana prinsip-prinsip aqidah salaf itu?
1. Sumber aqidah diambil hanya dari Kitabullah (Al Quran) dan sunnah Rasulullah dan apa yang dipahami para sahabat dari nash-nash tersebut.
2. Berhujjah dengan sunnah yang shahih dalam masalah aqidah sama saja apakah diriwayatkan secara mutawatir atau secara ahad. Penyimpangan Mu'tazilah dalam menolak hadits ahad dalam masalah aqidah.
3. Tunduk kepada apa yang dibawa dalam wahyu dan tidak menolaknya dengan akal serta tidak berani untuk membicarakan dengan akal tanpa ilmu dalam perkara-perkara ghaib yang tidak ada tempat bagi akal padanya.
4. Tidak masuk dalam ilmu filsafat/ilmu kalam. Bagaimana ilmu filsafat merusak kaum muslimin? Apa hukum mempelajari ilmu filsafat/ilmu kalam?
5. Menolak ta'wil - ta'wil yang bathil (tidak ada dalilnya). Beriman dengan apa yang diberitakan dari Allah dan RasulNya serta diam (tidak tahu) dari apa yang tidak diberitakan Allah dan RasulNya.
6. Mengumpulkan/menjama' nash-nash dalam satu masalah.

Beberapa Keistimewaan Manhaj Salaf
1. Kekokohan dan keyakinan pengikutnya di atas kebenaran dan tidak berubah-ubah, tidak bermain-main dalam agama, tidak plin-plan.
Tugas para pengusung dakwah salafiyyah adalah menyampaikan kebenaran dan menjelaskan kebathilan, apakah manusia mau menerimanya atau tidak adalah tanggung jawab masing-masing.
Mengapa salafi dimusuhi oleh semua golongan sesat?

Sesi Tanya Jawab:
- Mohon dijelaskan dalil tentang kafirnya ibunda Rasulullah
- Apakah termasuk waktu mustajab berdoa di antara dua khutbah?
- Apakah mungkin seorang yang ditahdzir 'ulama namun dia merasa tidak bersalah. Dia tidak melakukan pembelaan di hadapan 'ulama dengan alasan dipaksa untuk menerima demi kemaslahatan umat?
- Apakah syarat seorang dikatakan sebagai ustadz?
Apakah seseorang boleh menjuluki dirinya sendiri dengan ustadz? Sebagai contoh mengganti kata saya atau ana dengan ustadz?
- Bagaimana sikap kita apabila khatib shalat Jum'at menyampaikan kebid'ahan atau kesyirikan? Bolehkah kita tidak mendengarkan khutbahnya dan menyibukkan diri dengan berdzikir atau membaca al qur'an?
- Bagaimana penjelasan mengenai hadits yang menyebutkan bahwa amalan baik dan amalan buruk manusia sudah ditentukan sebelum manusia diciptakan dengan hadits yang bercerita tentang seseorang yang mengisi hari-harinya dengan amalan baik kemudian di akhirnya melakukan amalan buruk sehingga dia masuk neraka dan begitu pula sebaliknya. Bagaimana hadits tersebut dikaitkan dengan perjalanan hidup seorang manusia?
- Apakah boleh shalat jenazah 3 hari setelah mayat dikubur di tempat kuburannya? Jika boleh, apakah tidak bertentangan dengan hadits larangan shalat di kuburan?

hal 088-Beberapa Keistimewaan Manhaj Salaf
*Sabtu, 20 Jumadil Awwal 1435H (22 maret 2014)
hal 091a-Manhaj Ahlul Bid'ah wal Ahwa
*Sabtu, 20 Jumadil Awwal 1435H (22 maret 2014)

hal 091b-Manhaj Ahlul Bid'ah wal Ahwa dan Jalan Selamat adalah Ittiba'
*Sabtu, 24 Rajab 1435H (24 mei 2014)
hal 097-Lanjutan Jalan Keselamatan Adalah Dengan Ittiba' dan Meninggalkan Kebid'ahan
*Sabtu, 24 Rajab 1435H (24 mei 2014)
hal 102-Sesi Tanya Jawab
*Sabtu, 24 Rajab 1435H (24 mei 2014) 
- Apakah orang yang ikut bersama hizbiyyun dikarenakan kebodohannya termasuk orang yang tidak selamat?
- apakah benar pendapat yang mengatakan bahwa kalau sudah ada tahdzir 'ulama,  maka cukup kita pegang tahdzir tersebut. Kita sebagai thullab tidak usah memperkeruh keadaan dengan tetap membicarakannya?
- apakah hukum jilbab pada wanita sama dengan hukum imamah pada pria saat berwudhu, yaitu cukup mengusap bagian atas saja jika dikenakan dalam keadaan suci?
- apabila seseorang bangun malam dan waktunya hanya mencukupi untuk shalat 4 rakaat saja, apakah tetap melaksanakan shalat witir?
- berapa harta waris yang diberikan suami yang meninggalkan 3 anak laki-laki, 1 anak perempuan, 2 istri yang minta khulu/cerai?
- apakah benar imam hasan al bashri rahimahullah mengajarkan tasawwuf?
- dalam aqidah al wasithiyyah disebutkan bahwa kita akan melihat Allah di padang mahsyar dan di surga. Apakah ketika di padang mahsyar orang-orang kafir ikut melihat Allah juga? Mengingat bahwa semua makhluq hidup dibangkitkan dan dikumpulkan di sana.
- apakah doa seseorang yang belum aqiqah tertolak ketika mendoakan kedua orangtuanya?
- apa hukumnya mengadzani mayyit?
- bagaimana jika ada seseorang yang tidak percaya begitu saja terhadap hadits-hadits nabi shallallahu 'alaihi wa sallam dengan alasan hadits - hadits tersebut dikumpulkan oleh Imam Bukhari dan Iman Muslim 200 tahun setelah wafatnya Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam?
- siapa yang mengidentifikasi bahwa suatu hadits adalah shahih dari Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam?
- bagaimana dakwah media rodja?
- di kampung istri ana ada 20 wanita hamil di luar nikah. Ada seorang kyai berani menikahkan sirri 20 wanita tersebut dengan pacarnya. Setelah 2 bulan kemudian baru dinikahkan di KUA. Bagaimana hukum pernikahan sirrinya?
- Apa hukum seseorang yang dipinjam namanya untuk membuka rekening di bank?
- Bagaimana kalau ada sebagian orang yang mengajak untuk shalat di kampung lain dengan keluar 40 hari dan 4 bulan?
- Mana yang lebih utama shalat tarawih di masjid bersama imam dibanding shalat di rumah bersama keluarga?
- Apakah termasuk ulama salaf seperti Ibnu Rusyd yang ada di pelajaran sekolah formal dalam mata pelajaran agama Islam?
- Mohon penjelasan terkait kedudukan belajar kepada para ulama melalui rekaman dan  internet karena sebagian mereka lebih afdhal belajar dengan hal tersebut dan meninggalkan du'at salafiyyin, karena dengan cara tersebut lebih aman dari perselisihan?

hal 103-Beberapa Kaidah dalam Manhaj Salaf
*Sabtu, 27 Syawwal 1435H (23 agustus 2014)
hal 106-Kaidah 3 (Lingkup Agama adalah Ilmu yang Bermanfaat dan Amal Shaleh)
 *Sabtu, 27 Syawwal 1435H (23 agustus 2014)

hal 107-Kaidah 4 (Menghindari Kerusakan Lebih Diutamakan daripada Mendapatkan Maslahat)
*Sabtu, 2 Dzulhijjah 1435H (27 september 2014)
hal 111-Lanjutan Kaidah 5 (Hukum Syari'at Tidak Ditegakkan Kecuali dengan Lengkapnya Syarat dan Tanpa Ada Penghalang)
*Sabtu, 2 Dzulhijjah 1435H (27 september 2014)
Sesi Tanya Jawab
- Penjelasan tentang pertanyaan yang banyak berkeliaran bahwa penulis kitab Kun Salafiyyan 'alal Jaaddah (Syaikh Dr. Abdussalam as Suhaimi) pernah mengisi di Radio Rodja yang telah ditahdzir 'ulama?
- Bagaimana cara menentukan puasa sunnah arafah? Apakah bertepatan dengan wukuf di 'arafah atau bersama dengan pemerintah setempat?
-  Saya berdomisili di Tanjung Priok, sedangkan hewan kurban di Tangerang. Apakah boleh dibagikan kepada orang yang berada di Tangerang?
- Ada seorang penjual baju menawarkan reseller atau sistem dropship yaitu ana bisa memasarkan produk si penjual dengan modal gambar saja. Dan apabila ada konsumen yang tertarik pembayarannya ditransfer ke si penjual dan yang akan mengirim barangnya adalah si penjual juga.
- Apakah benar dilarang posting gambar makanan di whatsapp? Lalu bagaimana dengan ana sebagai penjual makanan, apakah dilarang memposting produk makanan ana di media sosial?
- Bagaimana hukum membeli barang secara kredit?
- Berapa hari disunnahkan puasa sebelum 'Idul Adha?

hal 112-Sikap Salafus Shalih terhadap Ahlul Bid'ah adalah Berhati-hati dan Mentahdzir Darinya
*Sabtu, 1 Muharram 1436H (25 oktober 2014)
hal 117-Lanjutan Sikap Salafus Shalih terhadap Ahlul Bid'ah adalah Berhati-hati dan Mentahdzir Darinya
*Sabtu, 1 Muharram 1436H (25 oktober 2014)
hal 118-Sesi Tanya Jawab
*Sabtu, 1 Muharram 1436H (25 oktober 2014)
- Apakah khulu' harus dengan keridhoan suami? Kapan seorang istri boleh meminta khulu' dari suaminya?
- Apa nasehat ustadz kepada beberapa ikhwah yang anaknya sedang menimba ilmu di tempat yang sedang muncul fitnah seperti di Ma'bar, Yaman?
- Bagaimana menurut ustadz tentang syubhat da'i Rodja yang mengatakan: "Dalam rangka tegaknya dakwah tauhid, maka yang diutamakan adalah menyampaikan amar ma'ruf dan menunda inkarul munkar dengan menimbang sisi kemaslahatannya"?
- Apa yang menyebabkan sebagian ustadz alumni Yaman atau Madinah menyimpang dari ahlussunnah, padahal mereka murid dari 'ulama ahlussunnah?
- Salah satu prinsip manhaj salaf adalah tamayyuz dalam dakwah yang harus dimiliki oleh setiap salafiyyin. Bagaimana pengkaburan dan pembauran manhaj yang dilakukan oleh para sururiyyin terhadap 3 ormas besar di negeri ini (Muhammadiyyah, DDII, dan Al Irsyad)?

hal 119-Termasuk Manhaj Salaf adalah Membantah Pihak pihak yang Menyelisihi
*Sabtu, 5 Rabi'ul Awwal 1436H (27 desember 2014)
hal 122-Bolehnya Ghibah dalam rangka Nasehat dan Prinsip prinsip dalam Menyikapi Perorangan atau Kelompok Tertentu
*Sabtu, 5 Rabi'ul Awwal 1436H (27 desember 2014)
hal 123-tanya jawab
*Sabtu, 5 Rabi'ul Awwal 1436H (27 desember 2014)
- Apakah benar ketika kita dilarang untuk menjelaskan kebohongan PKS dan gembong-gembongnya dikarenakan PKS adalah bagian dari pemerintah?
- Mohon bimbingannya. Tolong tunjukkan bukti yang haq bahwa ahlussunnah salafiyyin yang sekarang kita berjalan diatasnya merupakan jalan keselamatan satu-satunya yang tidak ada keraguan padanya terutama yang bersama kibarul 'ulama.
- Bagaimana menyikapi ikhwan yang masih mengundang ustadz - ustadz MLM, rodja, Dewan Dakwah dan sebagainya?
- bagaimana hukum membawa mushaf al quran yang berada di dalam tas ke dalam toilet dalam keadaan sedang safar dan dikhawatirkan tasnya hilang jika diletakkan di luar toilet?
- Di tempat kami ada ustadz yang masih membingungkan mauqifnya dan tidak pernah berbicara fitnah. Berbicara pun kalau sudah hampir basi.
- Terkait masalah Bandung, apa solusinya bagi ana? Siapa yang harus diikuti? Bagaimana dengan ma'had Bandung? Apakah kita harus bersama mereka?
- Apabila seorang imam tidak melakukan tasyahud awal kemudian imam pada akhir shalat imam tidak melakukan sujud sahwi. Apakah makmum harus melakukan sujud sahwi? Jika ya, apakah sujud sahwi dilakukan sebelum salam atau sesudah salam?
- Bagaimana sikap syaikh Rabi' dalam fitnah Syaikh al Imam
- Bagamana cara yang benar posisi tangan ketika berdoa pada waktu di antara adzan dan iqomat
- Mohon nasehat bagaimana caranya agar kasih sayang istri tidak berkurang ketika kita melakukan poligami? Karena istri saya menyatakan mulai mengurangi kasih sayangnya ketika saya terdeteksi ingin berpoligami. Agar dia tidak terlalu sakit hati ketika saya benar - benar melakukan poligami.
- Jika seorang suami mendapati percakapan BBM sang istri yang curhat dengan pria lain berisi aib suaminya, apa yang harus dilakukan sang suami?
- Apakah boleh menceritakan penyimpangan ustadz - ustadz yang menyimpang padahal orang tersebut baru belajar  ngaji?
- Adakah dalilnya zakat profesi penghasilan tiap bulan? Kalau menunggu nishob, bisa jadi memberatkan?

hal 125-Siapa yang Pantas Diboikot dan Mentahdzir Manusia dari Keburukannya
*Sabtu, 3 Rabi'uts Tsani 1436H (25 januari 2015)
1. Ahlul bid'ah
2. Periwayat dan saksi - saksi yang memiliki cela
Syubhat al muwazanah dengan membawakan sejarah hidup
Bid'ahnya manhaj al muwazanah dari sururiyyin
Tujuan manhaj muwazanah adalah memperbanyak pengikut.
Ulama menyebutkan kebaikan - kebaikan para ahlu dholal adalah sebagai penutup udzur, sehingga kesimpulan akhirnya tetap tahdzir.
hal 130-Jawaban para 'Ulama tentang Manhaj al Muwazanah
*Sabtu, 3 Rabi'uts Tsani 1436H (25 januari 2015)
 Efek manhaj al muwazanah:
- Menganggap salafus shalih adalah orang - orang jahil
- Tuduhan zalim kepada salafus shalih
- Mengagungkan bid'ah dan melecehkan imam - imam salaf

Peringatan keras bagi para penentang manhaj tahdzir. Mereka berarti menolak ayat dan hadits tentang tahdzir.
Bukti tidak konsekuennya sururiyyin dalam menerapkan prinsip muwazanah kepada ahlussunnah.
hal 133-Hal hal yang Membolehkan Ghibah dan Sesi Tanya Jawab
*Sabtu, 3 Rabi'uts Tsani 1436H (25 januari 2015)
Kapan dibolehkannya ghibah?

Sesi Tanya Jawab
- Tolong bantu ana yang sedang menghajr Jama'ah Tabligh yang tinggal di sebelah rumah ana.
- Pada saat khutbah Jum'at saya sering mendengar isi khutbah tentang bid'ah - bid'ah dan ajakan kepadanya, sementara ahlussunnah jauh dari tempat kami.
- Mengapa para 'ulama memfatwakan jihad di Yaman padahal pemerintahnya masih muslim?
- Bagaimana mu'amalah dengan orang - orang yang ngefans dengan Rodja dan dai - dainya?
- Apakah benar kaidah ahlussunnah yang dikatakan oleh Imam Syafi'i, Abu Hanifah, dan Imam Madzhab lainnya yang diriwayatkan oleh Ibnul Qoyyim yaitu "Tidak halal bagi seseorang untuk mengambil ucapan kami selama dia belum mengetahui dari mana kami mengambil ucapan tersebut. Disini kita tidak boleh berdalil dengan ucapan seorang ulama sampai kita mengetahui dalilnya, darimana sumber pendapat tersebut dan yang hanya bisa diambil sebagai hujjah adalah ucapan Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam. Adapun selainnya tidak bisa diambil sebagai hujjah. Barangsiapa mengambil ucapan selain ucapan Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam maka disebut muqallid".
- Pertanyaan tentang LIPIA dan Jami'ah Islamiyyah
- Nasehat bagi orang yang punya prinsip: ta'lim di mana saja yang penting mengajarkan tauhid dan sunnah (misalnya Rodja).
Alhamdulillah, kajian telah selesai.

Postingan terkait: